Hotline: 0517-21086, email: subbaghumas_restala@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

PICTURE SLIDESHOW











Video

KAPOLRES TALA

Polres Tanah Laut Ekpose 6 Manajemen Perubahan Di WBK dan WBBM

Posted by subbaghumas-restala at Rabu, 17 Oktober 2018

Pelaihari 18/10/2018  Humas Polres Tanah laut


Kapolres Tanah laut AKBP Sentot Adi Dharmawan S.IK, MH di dampingi Kabag Ops Kompol Fauzan Arianto SH, S.IK, Kabag Ren Kompol Syaiful Bahri SH, Kasat Lantas AKP Lalu Ryan Aditya S.IK, Kasat Sabhara AKP Riswiadi S.Sos, Kasat Intel AKP Teguh Siswoyo S.IK, Kasiwas Iptu H. Firdaus dan dua anggota sebagai operator telah mengikuti kegiatan evaluasi Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dilingkungan Polri gelombang II di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta (15/10/2018)
 Ada 14 Polres se Indonesia yang menyampaikan paparan WBK dan WBBM tersebut dan untuk wilayah Kalsel hanya Polres Tanah laut dan Polres Banjar Baru.
Pembukaan kegiatan oleh Asdep RB dan Kunwas Drs. Agus Uji Hantara ME, dalam kegiatan kemudian pembagian kelas dan tim penilai (Polres Tanah laut kelas Candi Dieng), pelaksanaan penilaian oleh tim penilai, kemudian arahan dari Deputi  Bidang Repormasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Yusuf Ateh AK,MBA yang dilanjutkan penilaian evaluasi WBK Polres Tanah laut yang di paparkan oleh Kapolres Tanah laut.

Kabag Ops Polres Tanah laut Kompol Fauzan Arianto SH, S.IK saat mendampingi kegiatan mengatakan, usai paparan Kapolres terjadi pula tanya jawab tim penilai dengan Kapolres Tanah laut beserta anggota dari Polres Tanah laut sekaligus dilakukan pendalaman materi, Tim penilai untuk Polres Tanah laut sendiri dari Kementrian PAN dan RBP antara lain Galih Hadiwijaya, Paulus Julius Rahakbauw.
“Polres Tanah laut melakukan ekpose 6 manajemen perubahan peningkatan layanan publik, yakni manajemen perubahan penataan tata laksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan, dan peningkatan kualitas pelayanan publik“ kata Kompol Fauzan.
Sebelumnya Polres Tanah laut mendapat sejumlah kunjungan dan penilaian dari berbagai pihak terkait program WBK dan WBBM, kunjungan dilakukan tim internal Mabes Polri dari Kasubbag Sislap Bagsis Infolap Rorena Asrena dan Kasubbag Sisinfo Bagsis Infolap  Rorena Asrena kemudian survei dari Badan Statistik Kabupaten Tanah laut terkait layanan keamanan dan ketertiban dengan responden tokoh masyarakat, Kepala Desa, Hansip, dan Satpam dengan sampel 3 Polsek, kemudian layanan SIM, SKCK serta layanan pengaduan masyarakat ke SPKT dan Polsek, terakhir kunjungan dari tim Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI yang melakukan penilaian di bagian SPKT, Satpas SIM, ruang menyusui ibu dan anak, ruang Command Centre Pusat Kendali Kamtibmas Tuntung Pandang 98, ruang penyimpanan barang bukti (Tahti)  dan ruang tahanan.
 
6 point yang ada di Polres Tanah laut, yang di paparkan Kapolres Tanah laut tentulah punya catatan dari tahun ke tahun, dari tahun 2016 pendapat penghargaan dari Kapolri karena masuk 10 besar, pada survei lain menyangkut pelayanan publik, hasil survei mendapatkan rangking 13 dari 69 Polres/Tabes Metro dengan skor pelayanan SIM dan SKCK total 2.000 kategori sangat baik, penghargaan ke Personel Polres juga tidak luput, di tahun 2017 Aipda Munadi Kanit Binmas Polsek Takisung menerima penghargaan dari Kapolri sebagai Polisi teladan atas prestasi sebagai ketua yayasan TK-Al Quran, Polisi mengajar, Khotb Solat Jumat, pembina kelompok ternak sapi yang berhasil serta membantu  pelayanan transportasi kesehatan dan ibu melahirkan secara gratis, penghargaan terkini lainnya di tahun 2018 yakni kepada Bripka Trie Wardoyo Kanit Binmas Polsek Kurau, dirinya menerima penghargaan dari Kapolri karena berprestasi berkinerja baik dengan peduli terhadap warga dengan metode pengembalian kepercayaan diri bagi warga yang mengalami gangguan jiwa, kemudian penghargaan kepada 18 Personel dari Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah laut atas dedikasi, prestasi, pengabdian kepada masyarakat dan mengharumkan daerah, kemudian Hadrah Maulid Habsy  yang di bentuk untuk mengisi acara keagamaan di internal, penghargaan lain dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Pelaihari terbaik 1 atas penyerapan anggaran mencapai 98,6 persen serta transparansi dalam penggunaan anggaran tersebut dari tahun 2016 dan 2017, dan belum lama ini Kapolres Tanah laut menerima penghargaan dari Pemkab Tanah laut dan KPU yang sukses menghantarkan pelaksanaan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Tanah laut tahun 2018.

 Pelayanan Command Centre Pusat Kendali Kamtibmas Tuntung Pandang 98 dimana sebagai central pemantauan titik titik rawan Kamtibmas dengan memasang CCTV di 30 titik berkemampuan zoom 30 kali dan dengan kapasitas server 20 Terra.

Adanya kampung lalulintas di desa Bumi Jaya Kecamatan Pelaihari sebagai upaya membangun budaya tertib dan selamat dalam berlalulintas, Coaching Clinic Satlantas setiap hari Minggu di Taman Ruang Terbuka Hijau Kijang Mas Permai Pelaihari, kemudian Kanakan Bekawan Polisi (KBP) upaya sebuah pola pendekatan kepada anak-anak untuk merubah rasa takut anak kepada Polisi “Awas Ada Polisi” bahwa sebenarnya Polisi ramah dan bersahabat,  Program Gowes Kamtibmas, mendekatkan dengan masyarakat agar bisa memberikan informasi, mengeluarkan uneg-unegnya apa saja yang terjadi di tengah-tengah masyarakat tersebut.
Program seribu untuk keselamatan, mengajak anggota Polres Tanah laut untuk lebih peduli terhadap pelapor keselamatan lalulintas serta mengingatkan anggota untuk menggelorakan keselamatan dalam berlalulintas.
Paymet Point (Samsat Desa) kemudahan bagi masyarakat untuk bayar pajak kendaraan bermotor melalui Bank yang di tunjuk sehingga tidak harus ke kantor Samsat.
Polwan tangguh di bentuk jajaran Polwan untuk siap digunakan dalam pengamanan unjuk rasa, antisipasi kejahatan dan Karhutla.
Mobil Pemadaman Api Ringan (Mopar) yang dimodifikasi motor dinas trail roda dua untuk keperluan membawa peralatan pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) begitu pula dengan mobil dinas roda empat.
Warung Kamtibmas, berfungsi untuk mengetahui secara lebih mendalam tetang kondisi ditengah-tengah masyarakat sehingga dapat dilakukan upaya pencegahan dini dan sekaligus dilakukan pembinaan. Program bedah rumah sebagai implementasi interaksi Polisi dengan masyarakat yang kurang mampu dan layak membutuhkan bantuan.  Jurnalist Day sebuah langkah kemitraan antara insan Pers dengan Polisi sehingga dalam setiap kebijakan yang dilahirkan bisa di terima dan di dukung oleh publik dalam rangka memberantas penyakit masyarakat (Pekat). Polres berempati, sebagai bentuk simpati bagi warga sekitar maupun di internal Polisi yang meninggal dunia. Take And Give, berupa penyerahan barang bukti hasi ungkap kasus curanmor kepada pemiliknya.

Polres juga memberikan reward kepada masyarakat yang telah membantu tugas Polisi, salah satunya warga jalan Ki Hajar Dewantara yang telah menyerahkan pelaku curas, penghargaan kepada kelompok tani membangun dalam pencegahan Karhiutla dengan cara membangun Tower pemantau.
Melakukan Patroli di tempat Objek Wisata dan tempat-tempat Ibadah, apel besar jam pada pimpinan guna untuk mencontohkan sikap disiplin ke anggota, Binmas Air, Polair peduli lingkungan, Jumat Pahala dan sahabat Polair, Jumat bersih-bersih tempat ibadah, peduli korban bencana baik banjir maupun kebakaran, Police Go To School sebagai upaya penyadaran berlalulintas kepada kalangan pelajar, pembinaan rohani dan mental yang rutin dilakukan di Masjid Nuruddin Polres Tanah laut sebagai upaya menghindari penyimpangan prilaku anggota, silaturahmi kepada ulama untuk membangun opini positif Polisi.
Kerjasama dengan Pemkab Tanah laut terkait Saber Pungli, Forum LLAJ, Forum Pengawas, Pengawal pembangunan daerah dan manunggal Tuntung Pandang. Kemudian olah raga dan safari Jumat, dan yang tidak kalah pentingnya Sinergitas Polri dan TNI Kodim 1009?Plh untuk mewujudkan suasana kondusif da wilayah hukum Polres Tanah laut dalam segala moment daerah maupun nasional.
Hasil dari ekpose 14 Polres se Indonesia kalau tidak ada perubahan hasilnya akan di umumkan pada tanggal 10 Desember 2018 mendatang di PTIK Mabes Polri Jakarta.

0 komentar:

Posting Komentar