Hotline: 0517-21086, email: subbaghumas_restala@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

PICTURE SLIDESHOW

Video

KAPOLRES TALA

Personel Polres Tanah Laut Dan Polsek Batu Ampar Siaga Pengamanan Perayaan Nyepi Saka Warsa 1941

Posted by subbaghumas-restala at Kamis, 07 Maret 2019

Pelaihari 08/03/2019  Humas Polres Tanah laut




Personel Polres Tanah laut bersama Personel Polsek Batu Ampar melaksanakan pengamanan kegiatan masyarakat umat Hindu dalam rangkaian  menyambut Hari Raya Nyepi Saka Warsa 1941 tahun 2019 yang dipusatkan di Pura Pusah Trans Bali Rt. 07 desa Tajau Pecah Kecamatan Batu Ampar, kegiatan pengamanan yang sudah dimulai dari hari Rabu (06/03/2019) hingga selesai pada hari Kamis 07 Maret 2019.
Kegiatan yang dilaksanakan  Umat Hindu yang dipimpin oleh Resi Jaya Kesuma adalah ibadah dan do’a yang dilanjutkan dengan mengarak patung Ogoh-ogoh disekitar pemukiman warga kemudian dilakukan pembakaran di halaman seketariat Lembaga Adat Banjar Sukasari desa Tajau Pecah Kecamatan Batu Ampar, dalam acara tersebut turut hadir Bupati Tanah laut H. Sukamta, Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Nurhidayat, Kapolsek Batu Ampar Iptu Darso dan Kepala desa Tajau Pecah Salam,  acara yang dimulai diawali dengan sembahyang bersama atau ritual Tawur Panca Kelud Yama Raja.

Ketua Adat Desa Banjar Sukasari Kade Nadre mengatakan Prosesi Tawur Agung Kesanga sendiri merupakan upacara yang digelar oleh umat Hindu sehari menjelang perayaan Nyepi. "Upacara ini berdasarkan pada konsep ajaran Tri Hita Karana, menyelaraskan hubungan dengan tiga elemen, manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia, dan manusia dengan alam semesta. Tawur Agung Kesanga sendiri menurutnya bertujuan untuk membersihkan dan mewisuda bumi sebelum Nyepi dimana umat hindu akan melaksanakan tapa brata penyepian," ucapnya

Kapolsek Batu Ampar Iptu Darso juga menyampaikan “Semua sudah menjadi atensi pihak Kepolisian untuk melakukan pengamanan pada kegiatan masyarakat guna mewujudkan situasi perayaan Hari Raya Nyepi dapat berjalan khidmat, khusuk, aman dan lancar terhindar dari gangguan Kamtibmas”  

0 komentar:

Posting Komentar