Hotline: 0517-21086, email: subbaghumas_restala@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

PICTURE SLIDESHOW











Video

KAPOLRES TALA

Kapolres Ajak LSM Tanah Laut Tangkal Radikalisme Dan Tindakan Terorisme

Posted by subbaghumas-restala at Rabu, 23 Oktober 2019

Pelaihari 24 Oktober 2019 Humas Polres Tala




“Hal pertama yang dapat di lakukan dalam mencegah paham radikalisme dan tindakan terorisme ialah memperkenalkan ilmu pengetahuan dengan baik dan benar “

Hal tersebut disampaikan Kapolres Tanah Laut, AKBP Sentot Adi Dharmawan S.IK, MH  saat sosialisasi tentang bahaya radikalisme dengan beberapa LSM yang ada di Tanah Laut bertempat di ruang rapat Parama Satwika Polres Tanah Laut, Jum’at (18/10/2019).

Kapolres menambahkan, pengenalan ilmu pengetahuan ini harusnya sangat ditekankan kepada siapapun, terutama para generasi muda. Hal ini disebabkan karena pemikiran generasi muda yang masih mengembara karena rasa keingintahuannya, apalagi terkait suatu masalah yang baru seperti sebuah pemahaman terhadap suatu masalah dan dampak pengaruh globalisasi.
Masalah radikalisme dan terorisme saat ini memang sudah marak dimana – mana, termasuk di Indonesia sendiri.
Berbagai tindakan teror yang tak jarang memakan korban jiwa seakan menjadi cara dan senjata utama bagi para pelaku radikal dalam menyampaikan pemahaman mereka dalam upaya untuk mencapai sebuah perubahan, untuk itulah dirinya berharap agar LSM yang ada di Tanah Laut dapat turut serta mensosialisasikan tentang bahaya radikalisme kepada masyarakat.
” LSM memiliki anggota yang banyak dan jaringan yg cukup luas di masyarakat, diharapkan bisa menjadi kepanjangan tangan dari Polri untuk mensosialisasikan bahaya radikalisme kepada masyarakat, khususnya di Tanah Laut ” 

Muhammad Noor, Ketua DPD JPKP Tanah Laut mengatakan dalam hal ini tentunya bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, TNI dan Polri saja yang mengambil bagian dalam untuk mencegah dan mengatasi masalah radikalisme, namun seluruh rakyat juga harus ikut terlibat dalam usaha tersebut.
Radikalisme dapat berkembang karena adanya pemikiran bahwa segala sesuatunya harus dikembalikan keagama walaupun dengan menggunakan cara yang kaku dan menggunakan kekerasan.
” Kami DPD JPKP Tanah Laut siap melakukan pencegahan dan pemberantasan radikalisme dan terorisme agar tidak menjadi penyebab terjadinya penyalahgunaan kewenangan, terutama di Tanah Laut ” tutur Muhammad Noor.

H. Dony Arifani Ketua Lembaga Aliansi Indonesia Tanah Laut menambahkan yang paling dominan mengambil peran dalam mengatasi masalah ini ialah para generasi muda, seperti halnya mahasiswa yang merupakan agent of change bangsa ini.
Demikian juga dengan anak – anak yang masih dalam tahap pembentukan pribadinya, sehingga memerlukan bimbingan khusus dari orang tua agar nantinya tidak terseret dalam paham radikalisme dan terorisme.
” Lembaga Aliansi Indonesia siap bersinergi dengan Polri untuk mencegah dan mensosialisasikan bahayanya paham liberalisme, gunakan sosial media dengan bijak, berhati – hati dalam menyampaikan berita yang belum tentu kebenarannya ” tutup H. Dony.


0 komentar:

Posting Komentar