Hotline: 0517-21086, email: subbaghumas_restala@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

PICTURE SLIDESHOW











Video

KAPOLRES TALA

Kapolres Tala Langsung Terjun Tanggulangi Karhutla Di Jalan A.Yani Desa Sungai Jelai

Posted by subbaghumas-restala at Rabu, 14 Agustus 2019

Pelaihari 15 Agustus 2019 Humas Polres Tanah laut


Kapolres Tanah Laut AKBP Sentot Adi Dharmawan S.IK,MH  berjibaku memadamkan api yang membakar di lahan kosong persis dipinggir jalan A.Yani Desa Sungai Jelai sekitar pukul 13.15 Wita.
Peralatan yang digunakan pun alat seadanya berupa alat Pemadaman dengan peralatan manual berupa Solo (alat semprot punggung) dibantu Jajaran Polsek Tambang Ulang, Kasat Sabhara, Kasubbag Humas Polres dan Kapolsek Tambang Ulang,melaksanakan giat pemadaman kebakaran lahan tersebut, Selasa (13/08/2019) Upaya pemadaman terus dilakukan meski api saat itu sudah membesar hingga merembet kelahan milik Pemda Tanah Laut.
Tidak begitu lama tiba dilokasi tim dari Damkar dan Satpol PP, BPBD dan Manggala Agni yang membantu pemadaman api dengan menggunakan perlatan mobil damkar dan Jet Sutter. Hingga pemadamkan api membuahkan hasil, sekitar pukul 15.30 Wita api dapat di padamkan. Sementara luasan lahan yang terbakar lahan merupakan milik Pemkab Tanah Laut, yang di sewa dan bekas di tanami tanaman jagung dengan total luas lahan yang terbakar sekitar 1 hektar. Asal api sendiri belum di ketahui secara pasti, namun kuat dugaan api berasal dari puntung rokok yang di buang oleh pengguna jalan akibatnya terjadi kebakaran berada di tepi jalan raya. Selanjutnya pihak Polres Tala mengambil langkah-langkah berkordinasi dengan Posko BPBD Gunung Raja, berkoordinasi dengan General Manager (GM) PTPN XIII Pelaihari Irwan untuk minta bantuan tim damkar guna mengantisipasi merembetnya api ke perkebunan kelapa sawit milik PTPN XIII Pelaihari.
Kemudian melakukan pengaturan lalu lintas di Jalan A. Yani Rt 05 Desa Sungai Jelai (sekitar lokasi kebakaran lahan), mengambil titik koordinat, mendokumentasikan kegiatan, mencari informasi pemilik/penyewa lahan serta melakukan interview terhadap penyewa lahan untuk mendapatkan kejelasan asal api.
 Kapolres Tala AKBP Sentot Adi Dharmawan mengatakan, hal ini sebagai perwujudan sinergitas antar sesama tim penanggulangan Karhutla dalam mencegah dan menindak lanjuti terjadinya karhutla. Terbangunnya koordinasi yang baik antara sesama tim penanggulangan Karhutla, serta terciptanya kepercayaan masyarakat terhadap tim karhutla khususnya Polres Tanah Laut dan Polsek Tambang Ulang dalam memberikan pelayanan, perlindungan dan pengayoman terhadap masyarakat. “Kebakaran lahan dapat di kendalikan dan tidak ada masyarakat yang mengalami kerugian jiwa maupun materil akibat kebakaran lahan tersebut, sehingga stabilitas kamtibmas di wilayah Polsek Tambang Ulang tetap kondusif,”

0 komentar:

Posting Komentar