Hotline: 0517-21086, email: subbaghumas_restala@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

PICTURE SLIDESHOW











Video

KAPOLRES TALA

Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Personel, SSDM Polri Luncurkan Aplikasi Digital Police English Training

Posted by subbaghumas-restala at Kamis, 17 Oktober 2024

SSDM Polri terus melakukan inovasi dan terobosan guna mengembangkan potensi dan kemampuan personel Polri dalam rangka mempersiapkan SDM unggul yang berperan penting menuju Indonesia Emas 2045.

Dalam rangkaian Rakorbin SDM Polri dan PNS Tahun Anggaran 2024 yang berakhir hari Rabu (16/10/2024), SSDM Polri meluncurkan aplikasi Dpetc, Digital Police English Training. 

Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan tujuan pembuatan aplikasi Dpetc adalah untuk memfasilitasi personel polri yang akan mengikuti tes IELTS dalam rangka beasiswa LPDP serta tes pendidikan pengembangan. 

“Jadi anggota bisa memanfaatkan semua aspek persiapan IELTS mulai dari reading, listening, writing dan speaking. Mereka bisa belajar dimana saja dan kapan saja di waktu senggang. Dengan Dpetc anggota juga bisa secara real time mengetahui skor sehingga mereka bisa mengukur sudah sejauh mana kemampuan bahasa Inggrisnya,”ujar Irjen Pol Dedi Prasetyo.

Aplikasi Dpetc memiliki IELTS preparation seperti dictionary, grammar, exercise, police rank, police position dan fitur pendukung pembelajaran bahasa inggris lainnya.

Aplikasi Dpetc melengkapi pendidikan kejuruan di Sekolah Bahasa (Sebasa) Lemdiklat Polri. Proses pembuatan dan penyusunan soal yang ada dalam aplikasi Dpetc juga berkoordinasi dengan Sekolah Bahasa Lemdiklat Polri untuk menjaga standar dan mutu serta adaptif dengan perkembangan bahasa asing.

Jumlah lulusan beasiswa LPDP luar negeri dari Polri menunjukkan grafik peningkatan dari tahun ke tahun. Dari yang awalnya hanya 2 anggota pada tahun 2016, angkanya kini naik mencapai 31 orang pada tahun 2024. 

Dengan semua dukungan dan fasilitas yang tersedia, SSDM Polri bertekad terus menaikkan jumlah calon peserta beasiswa LPDP luar negeri dengan target 100 anggota polri setiap tahunnya. Kesempatan ini terbuka bagi seluruh anggota dari level perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Polri.

“Dengan persiapan yang lebih matang, kita berharap lebih banyak anggota Polri yang bisa lulus IELTS dan mendapat beasiswa LPDP di universitas-universitas terbaik dunia, “kata Asisten Kapolri Bidang SDM.

Baca Selengkapnya

Polsek Jorong Terjunkan Personil untuk Amankan Jalannya Kampanye Paslon Bupati dan Wakil Bupati

Posted by subbaghumas-restala at

Tanah Laut – Personel Kepolisian Sektor (Polsek) Jorong melaksanakan tugas pengamanan pada kegiatan kampanye pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Tanah Laut nomor urut 2, H. Bambang Alamsyah, ST dan Ikhwan Hariri, A.Md, yang berlangsung di Desa Sabuhur, Kecamatan Jorong, hari ini. 

Pengamanan ini bertujuan untuk menjaga ketertiban dan memastikan kelancaran acara, sehingga masyarakat dapat mengikuti kampanye dengan aman dan tertib. Kegiatan kampanye yang dihadiri oleh ratusan pendukung tersebut berjalan kondusif berkat kehadiran personel Polsek Jorong yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Jorong.

Kapolsek Jorong menyatakan bahwa pihak kepolisian telah menerapkan standar prosedur pengamanan kampanye sesuai dengan instruksi dari Kapolres Tanah Laut, AKBP Muhammad Junaeddy Johnny, S.I.K., M.H. Selain itu, pihak kepolisian juga berkoordinasi dengan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) untuk memastikan kegiatan ini berlangsung sesuai dengan aturan yang berlaku.

Kampanye yang dilakukan oleh H. Bambang Alamsyah dan Ikhwan Hariri berlangsung dalam suasana damai, dengan Paslon nomor urut 2 menyampaikan visi dan misi mereka di hadapan warga Desa Sabuhur. Masyarakat terlihat antusias mengikuti jalannya kampanye, yang diwarnai dengan dialog antara Paslon dan warga setempat.

Pihak kepolisian berharap semua rangkaian kampanye ke depan dapat berjalan dengan tertib dan aman hingga pelaksanaan pemilihan nanti.

Dengan adanya pengamanan dari Polsek Jorong, diharapkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat tetap terjaga selama masa kampanye ini berlangsung.

Baca Selengkapnya

wujudkan Pemilu Damai, Personil Sat Polairud Amankan Kegiatan Kampanye Paslon Urut Raza

Posted by subbaghumas-restala at Rabu, 16 Oktober 2024

 Tanah Laut – Personil Satuan Polisi Air dan Udara (Sat Polairud) Polres Tanah Laut melaksanakan pengamanan dalam kegiatan kampanye pasangan calon (paslon) nomor urut 1, H. Rahmat dan H. Zazuli, yang berlangsung di Desa Ranggang, Kecamatan Takisung, Kabupaten Tanah Laut.

Pengamanan tersebut dilakukan untuk memastikan kegiatan kampanye berjalan dengan aman, tertib, dan kondusif. Kapolres Tanah Laut, AKBP Muhammad Junaeddy Johnny, S.I.K., M.H., menegaskan bahwa kehadiran personil Sat Polairud di lokasi adalah bagian dari upaya kepolisian dalam memberikan rasa aman kepada masyarakat serta menjaga stabilitas keamanan selama masa kampanye.

"Kami siap menjaga situasi tetap aman selama kampanye berlangsung. Tugas pengamanan ini dilakukan secara maksimal demi kelancaran setiap tahapan pemilihan," ujar Kapolres.

Selain itu, pengamanan juga dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, mengingat pentingnya menjaga keselamatan di tengah pandemi yang belum sepenuhnya berakhir. Kehadiran personil kepolisian ini diharapkan dapat mencegah potensi gangguan keamanan dan menjaga agar masyarakat dapat mengikuti kegiatan politik dengan damai dan aman.

Kampanye yang digelar oleh H. Rahmat dan H. Zazuli dihadiri oleh sejumlah pendukung dengan tetap mengutamakan ketertiban dan disiplin selama acara berlangsung.

Baca Selengkapnya

Bareskrim Polri ungkap Jaringan Narkoba Wilayah Jambi H dan DS

Posted by subbaghumas-restala at


JAKARTA - Bareskrim Polri menangkap HD yang merupakan kepala jaringan bisnis lapak narkoba jenis sabu di Jambi. Selain HD, aparat juga menangkap kaki tangannya yang masih memiliki hubungan keluarga.

Penangkapan HD dilakukan pada Kamis (10/10/2024) kemarin, di sebuah rumah di wilayah Kembangan, Jakarta Barat. Sehari sebelumnya, Direktorat Tindak Narkoba Barekrim telah menangkap Didin yang merupakan orang kepercayaan dari Halen di sebuah tempat persembunyiannya di Setiabudi, Jakarta Selatan.

"Tidak berhenti disitu, tim gabungan juga menangkap terhadap orang-orang yang ada kaitannya dengan peredaran narkoba di wilayah Jambi yang dilakukan oleh tersangka H. Adapun jumlah orang yang yang dilakukan penangkapan di Jambi sebanyak tiga orang yakni DS, TM dan MA pada 10 Oktober," kata Wakabareskrim Irjen Asep Edi Suheri saat menggelar konferensi pers di Gedung Bareskrim, Rabu (16/10).  

Asep membeberkan, dari hasil pemeriksaan DS dan TM yang merupakan saudara kandung dari HD ini menjalankan bisnis barang haram dengan mendirikan lapak atau biasa dikenal basecamp. Selain itu, mereka juga mengaku ada tujuh lapak yang berada di Jambi. 

"Dalam seminggu, lapak tersebut bisa menghabiskan 500 gram hingga 1 kilogram sabu yang didapat dari Medan. Keuntungan sebesar 70 persen diserahkan secara tunai oleh DS dan TK kepada adiknya H," bebernya.

Irjen Asep Edi juga mengungkapkan, selain menguasai peredaran narkoba di Jambi, tersangka H, DS dan TM juga memegang kendali judi online. Pihak Ditreskrimum Polda Jambi sebelumnya sudah menangkap tersangka L yang mengoperasikan judol dari hasil bisnis narkoba milik Helen.

Ia menegaskan sebagai bentuk komitmen dan konsistensi Polri dalam memberantas peredaran gelap narkoba tidak hanya menangkap seluruh jaringan yang terlibat. Namun, juga menjeratnya dengan tindak pidana pencucian uang (TPPU) dari tindak pidana asal yaitu narkoba.

Seperti biasa, para sindikat narkoba ini menyamarkan uang dari hasil keuntungan narkoba dengan menggunakan nama orang lain. Sepandai-pandainya tupai melompat akhirnya jatuh juga. Alhasil, Bareskrim Polri berhasil menyita aset-aset milik tersangka H yang disamarkan atas nama orang lain berinisial AA.

Adapun asset yang berhasil disita baik harta bergerak dan tidak bergerak yaitu, 1 unit ruko, 3 buah rumah, 4 kendaraan bermotor, 1 speedboat, 7 jam tangan mewah, perhiasan emas seberat 80 gram, rekening-rekening dengan uang sebesar Rp590 juta dan uang tunai Rp646 juta. "Total asset yang disita mencapai Rp10,8 miliar. Kami akan terus bekerjasama dengan PPAT. Diduga masih ada asset yang masih disembunyikan oleh tersangka H," tandas Asep.

Asep menambahkan, seluruh tersangka selain dijerat dengan Undang-Undang Nomo 35 tahun 2009 tentang Narkotika juga dijerat dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang.

Untuk diketahui, pengungkapan jaringan bisnis keluarga tersangka Helen ini berawal dari kejadian viral pada 25 Juli 2023 lalu. Sekelompok emak-emak menggerebek sebuah rumah yang dijadikan lapak penyalahgunaan narkoba. Dari kejadian tersebut, tim gabungan Dittipidnarkoba bersama Ditresnarkoba dan Ditreskrimum Polda Jambi melakukan penyelidikan untuk mengetahui dalang dibalik penyalahgunaan narkoba di rumah tersebut.

Usai dilakukan. Penyelidikan, pada Maret 2024 lalu, tim menangkap tersangka AA atas kepemilikan 2 gram sabu di Tanjung Jabung Barat, Jambi. Sabtu tersebut diakui didapat dari tersangka AF yang juga ditangkap di Indragiri Hilir , Riau. Dari pengakuannya mendapatkan barang haram itu dari Helen.

Baca Selengkapnya

Tim Subdit Provos Bid Propam Polda Kalsel Laksanakan Gaktibplin di Polres Tanah Laut

Posted by subbaghumas-restala at Selasa, 15 Oktober 2024

Tanah Laut – Tim Subdit Provos Bid Propam Polda Kalsel yang dipimpin oleh PS Kanit Hartib I, Iptu Erikson, melaksanakan kegiatan Penegakan Ketertiban dan Disiplin (Gaktibplin) di Polres Tanah Laut, Rabu (16/10). Kedatangan tim disambut langsung oleh Wakapolres Tanah Laut, Kompol Andri Hutagalung, S.Ab, M.A.P.

Dalam sambutannya, Iptu Erikson menjelaskan bahwa kegiatan Gaktibplin kali ini menyasar seluruh personil Polres Tanah Laut, baik perwira maupun bintara. 

“Kami akan melaksanakan pemeriksaan terhadap kelengkapan surat-surat identitas diri, Gampol (seragam polisi), sikap tampang, senjata api perorangan, aplikasi judi online, dan melakukan tes urine untuk memastikan tidak ada penyalahgunaan narkoba di lingkungan kepolisian,” ujarnya.

Setelah menyelesaikan kegiatan Gaktibplin di Mapolres Tanah Laut, tim melanjutkan pemeriksaan serupa di sejumlah polsek, yaitu Polsek Pelaihari, Polsek Batu Ampar, Polsek Jorong, dan diakhiri di Polsek Panyipatan.

Wakapolres Tanah Laut, Kompol Andri Hutagalung, menyambut baik pelaksanaan Gaktibplin ini. Menurutnya, kegiatan tersebut tidak hanya bertujuan memeriksa kelengkapan administrasi, tetapi juga berfungsi sebagai pengingat bagi anggota untuk selalu menjaga kedisiplinan sesuai dengan kode etik Polri. 

“Kedisiplinan personel merupakan hal yang sangat penting dalam menjaga nama baik institusi serta meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri. Kegiatan Gaktibplin ini juga sejalan dengan program Zero Pelanggaran yang dicanangkan di Polres Tanah Laut,” jelas Kompol Andri Hutagalung.

Kegiatan ini menjadi upaya berkelanjutan untuk memastikan seluruh anggota Polri tetap menjalankan tugas dengan profesional, disiplin, dan taat aturan.

Baca Selengkapnya

Divisi Humas Polri Goes To Campus Universitas Pancasila: Mahasiswa Sasaran Empuk Bandar Narkoba

Posted by subbaghumas-restala at


Jakarta - Kepala Biro Pengelolaan Informasi dan Data (PID) Divisi Humas Polri, Brigjen Tjahyono Saputro mengungkapkan bahwa generasi milenial dan generasi Z menjadi sasaran empuk para pengedar dan bandar narkoba. 


Hal itu dikatakan Tjahyono saat membuka kegiatan Sosialisasi Kinerja Polri kepada 350 mahasiswa Goes To Campus 2024, bertema "Mewujudkan Generasi Muda Sehat Tanpa Narkoba", di Universitas Pancasila (UP), Jakarta Selatan, Selasa (15/10/2024).


Dalam sambutannya mewakili Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho, Tjahyono menuturkan bahwa kasus penyalahgunaan narkoba semakin meningkat baik dalam kuantitas maupun kualitas. Hal ini kata dia tidak bisa dinggap ringan terhadap ancaman bahaya nasional.


"Bahaya penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja yang akan berdampak pada segala aspek kehidupan. Sama seperti generasi milenial, anggota Gen Z atau juga yang disebut zoomer memiliki risiko lebih tinggi terkena penyalahgunaan narkoba dibandingkan kelompok usia sebelumnya," ucapnya.


Dibeberkannya bahwa berdasarkan hasil penelitian Badan Narkotika Nasional (BNN) Bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2023, angka penyalahgunaan narkoba mengalami penurunan dari 1,95% menjadi 1,73% atau setara dengan 3,3 juta penduduk Indonesia  yang berusia 15-64 tahun. Kendati demikian dari data tersebut juga menunjukkan adanya peningkatan signifikan pemakai narkoba pada kalangan umur 15-24 tahun. 


Untuk itu pihaknya mengadakan kegiatan ini sebagai upaya preemtif dan preventif mencegah para mahasiswa sebagai penerus bangsa selamat dari bahaya narkoba. "Sosialisasi kinerja Polri bertujuan untuk menciptakan generasi muda yang sehat dan bebas dari narkoba. Bahaya narkoba dapat menyebabkan kerusakan fisik dan mental, menurunkan prestasi akademik dan merusak hubungan nasional," ucapnya.


Cegah Narkoba, Rektor UP Berlakukan Jam Malam


Sementara Rektor UP, Marsudi Wahyu Kisworo mengapresiasi kegiatan oleh Divisi Humas Polri di kampusnya ini. Dikatakannya, bahwa penyakit besar para generasi muda adalah narkoba, sedangkan untuk generasi tua yakni korupsi. Menurutnya sangat penting sosialisasi dari Polri untuk mencegah narkoba masuk ke dunia kampus.


"Sudah banyak alumni (UP) yang jadi pemimpin bangsa.Dan kita ingin mencetak bibit-bibit unggul, kita tidak mau pemimpin bangsa dikotori oleh narkoba pada masa mudanya," ujarnya.


Oleh karena itu, sambung Marsudi, beberapa upaya preemtif telah dilakukan Universitas Pancasila yakni dengan membentuk satgas pencegahan dan memberlakukan jam malam. "Tidak ada lagi kegiatan usai jam 10 malam. Kita juga undang para alumni dan aktivisi untuk memberikan sosialisasi kepada para mahasiswa," kata Marsudi.


Ketum GRANAT Tegaskan Narkotba Tiket Sekali Jalan Kehancuran 


Dalam kegiatan ini Divisi Humas Polri juga membuka panel diskusi dengan mengundang tiga narasumber untuk memberikan edukasi mengenai bahaya narkoba. Ketiga pembicara yaitu Analis Kebijakan Madya Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri, Kombes Sucipta, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Anti Narkotika (DPP GRANAT) Henry Yosodiningrat dan Wakil Dekan Fakultas Psikologi UP, Aully Grashinta.


Henrry Yosodiningrat membuat 350 mahasiswa semester 2 yang hadir terdiam. Dirinya meminta para generasi bangsa ini untuk meresapi tanggung jawab yang diberikan dari orang tua untuk belajar dan mengejar cita-cita. 


"Tidak semua dari keluarga yang mampu. Diantara kalian ada orang tua yang banting tulang, berhutang sana-sini gadaikan sawah untuk masa depan kalian. Tapi kamu pakai narkoba di kampus kalian akan jadi sampah yang tidak ada gunanya dan tidak punya andil untuk Republik Indonesia ini," tandas Henry.


Dirinya mengingatkan kepada mahasiswa jika sudah mencoba dan ketergantungan sebagai pecandu dan pelaku tindak pidana narkoba, maka penyidik berhak mempidanakan. "Ini one way tiket, sekali mencoba tidak akan bisa kembali. Jangan mau meski gratis, harus menolak. Saya mau kalian menjadi pemimpin bangsa," tandasnya.


Sedangkan Aully Grashinta berujar bahwa para mahasiswa memasuki tahap dewasa dan cenderung akan bertambah beban masalah yang akan dihadapi. Agar terhindar dari pergaulan yang tidak sehat jauhi narkoba, dirinya mengajak untuk mahasiswa melakukan kegiatan produktif seperti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).


Menurutnya, sebagai orang yang berpendidikan tinggi sambung Aully, para mahasiswa bisa membedakan mana yang baik dan tidak. "Artinya berbagai kejahatan narkoba bisa kita serap dan analisa untuk terhindar narkoba," ucapnya.


Dirinya berujar, sebagai mahasiswa unggul adalah yang bisa memanfaatkan waktu mudanya untuk hal yang produktif, memberikan manfaat untuk dirinya, keluarga dan masyarakat. "Satu dari keluarga kita kalau terkena narkoba, seluruh keluarga akan terdampak," ujarnya.


Sementara, Sucipta mengungkapkan dari hasil penelitian BNN, bahwa lingkungan kampus rentan dari peredaran narkoba. Dirinya mengajak para rektor, akademisi, dosen dan mahasiswa untuk memerangi narkoba dengan melakukan pencegahan 


"Teman-teman mahasiswa kalau ada yang melihat ingin atau pakai kasih tahu laporkan. Jadi peredaran narkoba dari awalnya gratis, ingin coba-coba, semakin penasaran mencoba ini yang harus jauhi," ucapnya.


Ia mengajak para mahasiswa menjadi agen perubahan. Bilamana melihat ada teman yang terlibat narkoba untuk segera laporkan ke pihak yang berwajib. Para penyalahguna narkoba menurutnya adalah korban yang harus direhabilitasi agar bisa sembuh.

Baca Selengkapnya

Personil Pam Gudang Logistik Laksanakan Pengcekan Gudang Untuk Pastikan Kondisi Aman Terkendali

Posted by subbaghumas-restala at Senin, 14 Oktober 2024

 Tanah Laut – Personil Polres Tanah Laut melaksanakan pengamanan dan pengecekan terhadap gudang logistik yang berada di wilayah hukum Polres Tanah Laut. Kegiatan ini dilakukan sebagai langkah antisipasi dan upaya memastikan keamanan serta kelayakan fasilitas logistik yang ada.

Dalam pengecekan ini, anggota Polres mengevaluasi kondisi gudang, termasuk memeriksa pintu masuk, sistem keamanan, dan memastikan tidak ada potensi kerusakan atau celah yang dapat dimanfaatkan oleh pihak tidak bertanggung jawab. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan, khususnya terhadap barang-barang logistik penting yang disimpan di dalam gudang.

Kapolres Tanah Laut AKBP Muhammad Junaeddy Johnny, S.I.K., M.H. menegaskan pentingnya pengecekan rutin ini. "Keamanan logistik merupakan bagian dari tanggung jawab kita, terlebih dalam menjaga stabilitas dan ketersediaan barang yang diperlukan. Pengecekan berkala ini diharapkan dapat memastikan bahwa gudang logistik berada dalam kondisi yang aman dan terkendali," ujar Kapolres.

Selain itu, personil yang bertugas juga diminta untuk terus berkoordinasi dengan pihak terkait guna meminimalkan risiko gangguan keamanan yang bisa terjadi sewaktu-waktu. Kegiatan pengecekan dan pengamanan ini akan dilakukan secara rutin sebagai bagian dari prosedur pengawasan Polres Tanah Laut terhadap aset-aset penting di wilayahnya.

Baca Selengkapnya

Polri Raih Penghargaan Lembaga Dengan Pelayanan dan Komunikasi Terbaik

Posted by subbaghumas-restala at

Jakarta. Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo menerima penghargaan Kementerian dan Lembaga Negara Award 2024 yang diselenggarakan Oleh Inews. Dalam pemberian penghargaan itu, Jenderal Sigit dinobatkan dalam kategori pelayanan dan komunikasi terbaik.

Kategori ini diraih lantaran Polri dipandang memiliki peran aktif dalam membagikan informasi dengan media melalui Divisi Humas Polri. Selain itu, Polri mendapat perhargaan karena telah koorperatif dalam pelayanan masyarakat, termasuk transparansi kasus, Konferensi pers, dan komunikasi bersama media.

Penghargaan ini diberikan Inews setelah melewati penjurian sejak 1 bulan lalu yang dilakukan pemimpin redaksi Inews bersama Aiman Wicaksono. Direktur Utama Inews Grup Syafril Nasution menyatakan, penghargaan ini ditujukan agar kementerian dan lembaga termotivasi untuk meningkatkan peran di masyarakat, tidak hanya di jajaran pusat, tetapi juga hingga ke seluruh daerah.

“Penghargaan ini juga diberikan sebagai bentuk apresiasi di akhir masa jabatan dari pemerintahan dan lembaga, untuk mengapresiasi dengan niat yang unggul serta memberikan dampak positif bagi masyarakat, khususnya di 10 tahun pemerintahan Bapak Jokowi,” ungkapnya, Senin (15/10/24).

Penghargaan itu pun diterima Kapolri dengan diwakilkan oleh Kadivhumas Polri Irjen. Pol. Sandi Nugroho.

“Penghargaan ini baru perdana mendapatkan diterima Polri untuk acara Kementerian dan Lembaga Award 2024 yang juga baru perdana ini dilaksanakan,” jelas Irjen. Pol Sandi.

Irjen. Pol. Sandi menyampaikan pesan dari Kapolri atas ucapan terima kasih telah diberikannya penghargaan ini. Jenderal Sigit mengaku bahwa penghargaan ini adalah sebuah amanah yang harus membuat Polri semakin baik memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Kapolri juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat, insan media, seluruh stake holder dan MNC Grup atas penghargaan yang diberikan. Tentunya ini menjadi semangat bagi Polri untuk bisa bekerja lebih baik lagi, dalam memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa dan negara. Semoga penghargaan ini menjadi motivasi agar Polri lebih bermanfaat untuk masyarakat.” ungkap Kadivhumas.

Baca Selengkapnya

Kapolres Tanah Laut Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Intan-2024

Posted by subbaghumas-restala at Minggu, 13 Oktober 2024

Tanah Laut – Kapolres Tanah Laut, AKBP Muhammad Junaeddy Johnny, S.I.K., M.H., memimpin apel gelar pasukan Operasi Kepolisian Zebra Intan-2024 yang dilaksanakan di Lapangan Apel Polres Tanah Laut pada Senin (14/10). Kegiatan ini mengusung tema “Dalam Rangka Mendukung Suksesnya Pelantikan Presiden/Wakil Presiden Terpilih Serta Mengajak Masyarakat Untuk Tertib Berlalu Lintas Demi Mewujudkan Kamseltibcarlantas yang Aman dan Nyaman.”

Dalam apel tersebut, Kapolres membacakan amanat dari Kapolda Kalsel, yang menyatakan bahwa Operasi Zebra Intan-2024 akan berlangsung selama 14 hari, mulai dari tanggal 14 hingga 27 Oktober 2024, dengan melibatkan 589 personel. Operasi ini berfokus pada pendekatan edukatif, persuasif, dan humanis, didukung dengan penegakan hukum secara elektronik, baik statis maupun mobile, serta memberikan teguran simpatik.

“Operasi ini bertujuan untuk menciptakan kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih pada Pemilu 2024,” jelas Kapolres.

Lebih lanjut, operasi ini juga ditujukan untuk menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas. Pada tahun 2022, tercatat 25 kasus kecelakaan lalu lintas di wilayah tersebut, sementara pada 2023 angka ini meningkat menjadi 39 kasus.

“Kami berharap, melalui operasi ini, dapat meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, meminimalisir pelanggaran serta kecelakaan, dan mengurangi tingkat fatalitas korban kecelakaan. Hal ini penting untuk mewujudkan Kamseltibcarlantas di wilayah hukum Polda Kalimantan Selatan,” tambahnya.

Apel gelar pasukan ini turut dihadiri oleh Forkopimda Tanah Laut, Kodim 1009/Tanah Laut, Dinas Perhubungan, Satpol PP, para Pejab

Baca Selengkapnya

Kuasai 4 Paket Sabu, JH Warga Kintap Diamankan Satuan Resnerkoba Polres Tanah Laut

Posted by subbaghumas-restala at Sabtu, 12 Oktober 2024

Tanah Laut – Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Tanah Laut berhasil mengamankan seorang pria berinisial JH atas dugaan kepemilikan, penguasaan, dan penyalahgunaan narkotika jenis sabu. Penangkapan ini berawal dari laporan masyarakat yang mencurigai aktivitas JH, yang sering diduga mengedarkan sabu di kawasan Desa Pasir Putih, Kecamatan Kintap, Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan.

Menindaklanjuti informasi tersebut, tim Satresnarkoba Polres Tanah Laut segera melakukan penyelidikan di lokasi. Setelah memastikan keberadaan JH, petugas berhasil mengamankannya di sebuah rumah bedakan yang terletak di Desa Pasir Putih. Dalam penggeledahan yang dilakukan di hadapan warga setempat, polisi menemukan 4 (empat) paket narkotika jenis sabu dan sejumlah barang bukti lain yang terkait dengan kasus tersebut.

JH beserta seluruh barang bukti kini telah dibawa ke Polres Tanah Laut untuk proses hukum lebih lanjut. Kapolres Tanah Laut, AKBP Muhammad Junaeddy Johnny, S.I.K., M.H., menyampaikan apresiasinya kepada masyarakat atas partisipasi aktif dalam memberikan informasi yang sangat membantu penegakan hukum di wilayahnya.

Kasus ini menambah daftar keberhasilan Polres Tanah Laut dalam memerangi peredaran narkotika di wilayahnya dan menjadi bukti komitmen Polres dalam memberantas peredaran narkoba di Tanah Laut.

Baca Selengkapnya

Anjangsana ASN Polri Polres Tanah Laut dalam Rangka HUT KORPRI Ke-53

Posted by subbaghumas-restala at Kamis, 10 Oktober 2024

Tanah Laut - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) ke-53, ASN Polri Polres Tanah Laut melaksanakan kegiatan anjangsana ke kediaman para pensiunan ASN Polri pada Selasa, 8 Oktober 2024. Kegiatan ini mengusung tema “ASN Bersatu, Polri Tumbuh, Indonesia Tumbuh,” sebagai wujud kebersamaan dan penghormatan kepada mereka yang telah purna tugas.

Kegiatan anjangsana tersebut dipimpin oleh Kasubbag Binkar Bag SDM Polres Tanah Laut, Penata I Suparman, S.E., dengan mengunjungi dan bersilaturahmi dengan sejumlah pensiunan ASN Polri. Dalam kesempatan itu, rombongan memberikan tali asih sebagai bentuk penghargaan atas jasa dan pengabdian mereka selama bertugas.

Salah satu pensiunan yang dikunjungi adalah Bapak Rusliansyah, yang tinggal di Jalan Pasar Hewan, Kelurahan Sarang Halang, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut. Suasana penuh keakraban dan haru terlihat saat rombongan bersilaturahmi, memberikan apresiasi serta dukungan kepada para pensiunan.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya mempererat hubungan kekeluargaan antara ASN Polri aktif dan mereka yang telah purna tugas, serta sebagai wujud kepedulian Polres Tanah Laut dalam memperhatikan kesejahteraan dan penghormatan terhadap para pensiunan ASN Polri.

Kasubbag Binkar, Penata I Suparman, S.E., menyampaikan harapan agar silaturahmi ini tetap terjalin erat dan bisa terus dilakukan dalam setiap peringatan HUT KORPRI. 

"Kami berharap kebersamaan ini terus terjaga, dan para pensiunan tetap merasa menjadi bagian dari keluarga besar Polres Tanah Laut," ujarnya.

HUT KORPRI ke-53 ini diharapkan semakin memperkuat sinergi antara ASN Polri dan masyarakat dalam membangun Polri yang semakin profesional dan terpercaya, demi kemajuan Indonesia.

Baca Selengkapnya

Polsek Panyipatan Lakukan Pengecekan dan Pemadaman Titik Api di Desa Batakan

Posted by subbaghumas-restala at Rabu, 09 Oktober 2024

 

Tanah Laut – Polsek Panyipatan, Polres Tanah Laut, bergerak cepat melakukan pengecekan dan pemadaman titik api di wilayah Desa Batakan, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanah Laut, Rabu (9/10). Kebakaran terjadi di area semak belukar yang dipenuhi bondong dan purun tikus, membuat akses menuju lokasi cukup sulit dijangkau oleh kendaraan roda dua (R2) dan roda empat (R4).

Personel Polsek Panyipatan langsung menuju lokasi setelah mendapat laporan adanya hotspot. Saat tiba di lokasi, api masih menyala dengan cukup intens di semak-semak tersebut. Tim pemadam segera melakukan tindakan cepat untuk memadamkan api dan mencegahnya menyebar lebih luas ke area lain yang berpotensi memperburuk situasi.

Upaya pemadaman dilakukan dengan peralatan manual mengingat kondisi medan yang tidak memungkinkan untuk menggunakan alat berat. Meski begitu, berkat kesiapsiagaan personel, api berhasil dipadamkan sebelum mencapai area pemukiman atau lahan produktif lainnya.

Kapolsek Panyipatan Iptu Muh Firmansyah, B, S.TrK, M.H., mengimbau masyarakat untuk tetap waspada, terutama di musim kemarau, di mana kebakaran lahan dan hutan rawan terjadi. 

"Kami meminta masyarakat untuk lebih berhati-hati dan menghindari aktivitas yang dapat memicu kebakaran, terutama di area yang mudah terbakar seperti semak belukar dan lahan gambut," ujar Kapolsek.

Kejadian ini menjadi pengingat bagi masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan dan melakukan tindakan pencegahan guna menghindari kebakaran yang dapat merugikan banyak pihak. Polsek Panyipatan juga menegaskan komitmennya untuk terus memantau titik-titik rawan kebakaran di wilayah hukumnya.

Baca Selengkapnya

Kapolsek Batu Ampar Hadiri Peresmian Pura Dalem dan Prajepati Banjar Sukasari

Posted by subbaghumas-restala at


Tanah Laut – Kapolsek Batu Ampar, Iptu Munadi, menghadiri acara peresmian Pura Dalem dan Prajepati milik Lembaga Adat Banjar Sukasari yang bertempat di RT. 08, Dusun IV, Desa Tajau Pecah, Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Tanah Laut, Rabu (9/10) Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai tokoh adat, pemuka agama, serta masyarakat setempat yang turut meramaikan acara.

Peresmian Pura Dalem dan Prajepati ini menjadi momen penting bagi warga Desa Tajau Pecah karena selain sebagai tempat ibadah, pura tersebut juga berfungsi sebagai pusat kegiatan spiritual dan budaya yang menghubungkan generasi muda dengan warisan leluhur mereka.

Kapolsek Batu Ampar, Iptu Munadi, mengucapkan selamat atas peresmian pura ini dan menyampaikan harapannya agar tempat ibadah tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat untuk mempererat tali persaudaraan serta menjaga nilai-nilai kebersamaan dan toleransi. 

"Semoga dengan diresmikannya Pura Dalem dan Prajepati ini, masyarakat Desa Tajau Pecah semakin harmonis dan tetap menjaga kerukunan antar umat beragama," ujar Iptu Munadi.

Acara peresmian berlangsung dengan khidmat, diiringi berbagai ritual keagamaan yang dipimpin oleh pemuka agama Hindu setempat. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmi antara aparat kepolisian dengan masyarakat, memperkuat sinergi dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Kecamatan Batu Ampar.

Baca Selengkapnya

Sat Samapta Polres Tanah Laut Gelar Kegiatan KRYD dengan Patroli Presisi

Posted by subbaghumas-restala at

 

Tanah Laut – Sat Samapta Polres Tanah Laut melaksanakan Kegiatan Rutin yang Ditingkatkan (KRYD) dengan menggelar patroli presisi di berbagai lokasi rawan tindak pidana di wilayah hukum Polres Tanah Laut, Rabu (9/10).  Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) serta memberikan sosialisasi melalui dialog dan sambang kepada warga.

Patroli dilakukan oleh personel Sat Samapta Polres Tanah Laut dengan menyasar sejumlah objek vital seperti perkantoran, tempat ibadah, destinasi wisata, serta lokasi-lokasi keramaian lainnya. Selain menjaga situasi tetap kondusif, patroli ini juga memberikan rasa aman kepada masyarakat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya preventif yang dilakukan Polres Tanah Laut untuk mencegah terjadinya tindak pidana di wilayah hukum mereka. Dengan kehadiran polisi di tengah-tengah masyarakat, diharapkan tercipta suasana yang lebih aman dan nyaman.

Kapolres Tanah Laut AKBP Muhammad Junaeddy Johnny, S.I.K., M.H., menekankan pentingnya kegiatan patroli presisi ini sebagai bentuk tanggung jawab kepolisian dalam menjaga keamanan di tengah masyarakat. 

"Kami akan terus meningkatkan kegiatan patroli dan pengamanan guna menciptakan rasa aman bagi masyarakat serta mencegah terjadinya tindakan kriminal di wilayah Tanah Laut," ujarnya.

Patroli ini juga diikuti dengan sosialisasi kepada masyarakat terkait pentingnya menjaga keamanan lingkungan serta partisipasi aktif dalam menciptakan ketertiban bersama.

Baca Selengkapnya

Polri Gandeng P2TP2A Berikan Penanganan Khusus Kepada Korban Pelecehan di Tangerang

Posted by subbaghumas-restala at


Polri telah berhasil menyelamatkan anak-anak Yayasan Panti Asuhan yang mengalami tindakan pelecehan seksual di Tangerang. Hal ini merupakan komitmen Polri dalam melayani masyarakat. 


"Ini merupakan bukti nyata komitmen dan konsistensi Polri dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya kaum rentan, dalam hal ini anak-anak," kata Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko, di Mabes Polri, Rabu (9/10/2024).


Ia menegaskan, pelayanan terhadap kaum rentan khususnya anak menjadi perhatian khusus Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Hingga dibentuk Direktorat PPP dan PPO yang baru.


"Untuk memaksimalkan pelayanan Polri terhadap kasus-kasus yang berkaitan dengan kaum rentan dan anak, Bapak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah membentuk direktorat PPA dan PPO yang baru sebagai langkah strategis dan kolaboratif," jelasnya. 


Diberitakan sebelumnya, Satreskrim Polres Metro Tangerang Kota berhasil mengungkap kasus dugaan pelecehan seksual terhadap belasan anak di Yayasan Panti Asuhan di Kelurahan Kunciran Indah, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang.


Dari hasil pengungkapan Polisi menangkap tiga orang pelaku yakni S (49 tahun), yang merupakan ketua yayasan panti asuhan. S adalah pelaku utama. Kemudian Dua orang rekan S, yaitu YB (30) dan YS (28) alias A, menjadi pengasuh anak-anak. Saat kecil, YB dan YS adalah korban S ketiganya mempunyai penyimpangan seksual sesama jenis, dan sudah ditetapkan sebagai tersangka.


Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho mengatakan, kasus itu terungkap saat korban berusia 16 tahun melakukan pelaporan ke Polresta Tangerang, pada 2 Juli 2024. Korban melaporkan pencabulan yang dilakukan oleh ketua yayasan S di panti asuhan yang telah berdiri sejak 2006 


"Kasus ini terkuak saat kami terima laporan RK pada 2 Juli 2024. Kemudian kami lakukan penyelidikan lebih lanjut," Ucap Zain dalam konfrensi Pers Di Mapolrestro Tangerang Kota, Selasa, (8/10/2024).


Saat membuat Laporan di SPKT Polrestro Tangerang Kota RK didampingi oleh F, kerabatnya. Atas laporan tersebut kemudian Polisi melakukan pemeriksaan visum di RSU Tangerang didampingi petugas, yang ditindaklanjuti dengan proses penyelidikan.


"Kita proses dengan melakukan pemeriksaan pada para saksi dengan total 11 orang," ucapnya.


Sejak laporan 2 Juli 2024, proses hukum pada kasus tersebut terkendala, karena kondisi psikis korban yang tertekan, sehingga Kepolisian dan lembaga terkait menunggu kesiapan korban.


Dalam proses penyelidikan diketahui bahwa Korban ternyata bukan hanya pelapor, namun ada korban lain yang merupakan anak-anak.


"Memang untuk anak perlu penanganan khusus, tidak semudah tiba-tiba periksa, anak tersebut butuh kesiapan, sehingga tanggal 30 September 2024 bisa melakukan pemeriksaan pada yang bersangkutan itu didampingi oleh P2TP2A termasuk dari pelapor saudara RK," jelasnya.


Selanjutnya Polisi melakukan pemanggilan kepada terduga pelaku kemudian menetapkan 3 tersangka yakni S (45) sebagai ketua yayasan, YB (30), YS (28) sebagai pengasuh.


"Dari 3 orang, 2 orang datang yaitu S dan YB, sehingga dari pemeriksaan itu kita tangkap, tetapkan tersangka. Sedangkan YS, DPO setelah pemanggilan dua kali tidak hadir," ungkapnya.


Zain mengatakan, sampai saat ini 7 laporan sudah diterima sejak 2 Juli 2024 hingga Selasa (8/10), dengan rincian 4 anak dan 3 dewasa.


"Awal kami terima tiga laporan, sekarang total ada tujuh laporan, mereka menjadi korban dengan rincian empat anak dan tiga dewasa," katanya di Dinas Sosial Pemkot Tangerang, Selasa (8/10).


Dikesempatan yang sama Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi mengatakan kedua tersangka merupakan pemilik dan pengurus yayasan. Kedua tersangka, yakni S dan Y, diduga telah melakukan tindakan pelecehan terhadap 4 orang anak dan 3 orang dewasa, yang semuanya laki-laki.


Tersangka dijerat dengan Pasal 76E juncto Pasal 82 UU Nomor 17 Tahun 2016 tentang Penetapan Perppu Nomor 1 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dan atau pencabulan dimaksud dalam Pasal 289 KUHP.


"Ancaman pidana minimal 5 tahun, maksimal 15 tahun atau denda paling banyak Rp 5 miliar," pungkasnya.

Baca Selengkapnya

Personil Polsek Takisung Lakukan patroli PPK untuk Menjaga Kamtibmas dimasa Pilkada 2024

Posted by subbaghumas-restala at

TANAH LAUT – Personil Polsek Takisung aktif melakukan patroli di Kantor Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dalam rangka memastikan situasi aman dan kondusif selama masa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kabupaten Tanah Laut.

Kapolsek Takisung Ipda Andi Setiawan menyampaikan bahwa kegiatan patroli ini merupakan langkah preventif untuk mengantisipasi potensi gangguan keamanan, khususnya di wilayah Kecamatan Takisung. Patroli yang dilakukan secara berkala ini bertujuan menjaga ketertiban umum, terutama di lokasi-lokasi vital seperti kantor PPK yang berperan penting dalam proses pemilihan.

“Kami ingin memastikan bahwa seluruh tahapan Pilkada berjalan lancar tanpa ada gangguan yang dapat mengganggu ketertiban. Pengamanan ini merupakan upaya untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat, petugas PPK, dan seluruh pihak terkait,” ujar Kapolsek Takisung.

Selain patroli, personil Polsek Takisung juga melakukan koordinasi dengan petugas PPK serta penyelenggara pemilu lainnya untuk meningkatkan kerjasama dalam hal keamanan. Pihak kepolisian juga menghimbau masyarakat agar turut serta menjaga situasi yang kondusif, tidak terpancing isu-isu yang dapat memecah belah persatuan, serta melaporkan setiap potensi gangguan kepada pihak yang berwenang.

Patroli keamanan ini diharapkan dapat menjaga stabilitas di Kecamatan Takisung, sehingga proses Pilkada di Kabupaten Tanah Laut dapat berjalan aman, tertib, dan damai sesuai dengan harapan semua pihak.

Baca Selengkapnya

Amankan Kampanye Terbuka, Kapolsek Kintap Turun Langsung Ke Lokasi

Posted by subbaghumas-restala at Selasa, 08 Oktober 2024

 TANAH LAUT – Personel Polsek Kintap melaksanakan pengamanan dalam kegiatan kampanye terbuka pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tanah Laut, Bambang Alamsyah, S.T. dan Ikhwan Khariri, A.Md., yang berlangsung di Desa Salaman, Kecamatan Kintap. Kegiatan kampanye ini merupakan salah satu rangkaian tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 yang berlangsung di wilayah Kabupaten Tanah Laut.

Kapolsek Kintap Iptu Ahmad Baysori menjelaskan bahwa pengamanan ini dilakukan untuk memastikan bahwa seluruh rangkaian kegiatan kampanye berjalan dengan aman, tertib, dan lancar. "Kami dari Polsek Kintap telah menurunkan personel untuk mengamankan lokasi kampanye terbuka ini, guna mencegah terjadinya gangguan keamanan serta memastikan masyarakat dapat mengikuti acara dengan nyaman," kata Kapolsek.

Pasangan calon Bambang Alamsyah dan Ikhwan Khariri menyampaikan visi-misi mereka di hadapan masyarakat Desa Salaman dengan fokus pada pembangunan infrastruktur dan peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Acara tersebut dihadiri oleh ratusan warga yang datang untuk mendengarkan paparan program dari pasangan calon ini.

Pengamanan yang dilakukan oleh personel Polsek Kintap mencakup pengaturan lalu lintas, pengawasan ketertiban di lokasi kampanye, serta berkoordinasi dengan panitia kampanye untuk menjaga kelancaran acara. Selain itu, protokol kesehatan juga tetap diperhatikan guna mencegah penyebaran penyakit di tengah kerumunan.

Kapolsek Kintap menambahkan bahwa Polsek Kintap akan terus mengawal seluruh kegiatan kampanye selama masa Pilkada ini, sesuai dengan arahan Kapolres Tanah Laut AKBP Muhammad Junaeddy Johnny, S.I.K., M.H., untuk menciptakan suasana kondusif dalam setiap tahapan pemilu.

"Kami berkomitmen untuk menjaga keamanan dan kenyamanan selama proses Pilkada, sehingga masyarakat dapat menyalurkan hak pilihnya tanpa ada rasa khawatir," tutup Kapolsek.

Baca Selengkapnya

Polri Bongkar Sindikat Judi Online yang Dikendalikan Warga Negara Asing, Perputaran Uang Capai Rp 685 M

Posted by subbaghumas-restala at

Presiden Republik Indonesia Bapak Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara tegas menyuarakan larangan dan bahaya judi daring dengan dibentuknya Satuan Tugas (Satgas) Pemberantasan Perjudian Daring berdasarkan Perpres Nomor 21 Tahun 2024, dimana Bapak Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo sebagai Ketua Harian Penegakkan Hukum dan Bapak Kabareskrim Polri Komjen. Pol. Wahyu Widada sebagai Wakil Ketua Harian Penegakkan Hukum.

Pada Tanggal 1 Oktober 2024, Dittipidsiber Bareskrim Polri berhasil membongkar sindikat judi online yang dikendalikan warga negara (WN) Cina dengan perputaran uang yang mencapai Rp 685 miliar. Dalam kasus ini, penyidik menangkap 7 orang tersangka dengan peran yang berbeda.

Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Pol Himawan Bayu Aji mengatakan, situs judi online yang bernama Slot8278 itu dikendalikan oleh warga negara Cina berinisial QF selaku Direktur Penyedia Jasa Pembayaran (PJP).

"QF berperan dalam mengatur dan memastikan kelancaran aliran dana dari hasil perjudian tersebut ke para pelaku maupun pengguna. Dia juga bertanggung jawab membuat kesepakatan kerja sama dengan PJP lainnya," ujar Himawan dalam konfrensi pers di Bareskrim Polri, Jakarta, Selasa (8/10/2024).

Kemudian 6 tersangka lainnya merupakan warga negara Indonesia (WNI) yaitu RA selaku Direktur Utama Penyedia Jasa Pembayaran, IMM selaku Komisaris serta Legal Penyedia Jasa Pembayaran, dan AF selaku Chief Operating Officer serta Manajemen Bisnis Penyedia Jasa Pembayaran.

Kemudian FH selaku Finance atau Manajemen Keuangan Penyedia Jasa Pembayaran, RAP selaku Operator Aplikasi Penyedia Jasa Pembayaran, dan HG selaku Operator Aplikasi penyedia Jasa Pembayaran.

Sementara satu orang masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) dengan inisial IJ yang merupakan warga negara Indonesia (WNI).

Himawan mengatakan, sindikat ini secara aktif menargetkan pasar Indonesia dengan jumlah pemain mencapai 85 ribu orang.

"Situs ini menarik pemain dari Indonesia dengan menyediakan berbagai jenis permainan judi daring," kata Himawan.

Selain di Indonesia, Himawan menyebut situs judi tersebut juga beroperasi di negara Asia lainnya seperti Thailand, Kamboja, Malaysia, Vietnam. 

Sementara untuk menarik minat masyarakat, situs judi itu memanfaatkan layanan penyedia jasa pembayaran dan perbankan sebagai tempat deposit dan penarikan hasil judi. 

"Para pelaku juga membuat aplikasi untuk mengoneksikan deposit dan withdraw dari penyedia jasa pembayaran ke website perjudian tersebut yang berada di Cina," tuturnya.

Himawan menjelaskan selama situs judi itu beroperasi sejak September 2022 hingga saat ini diperkirakan total perputaran uang yang terjadi mencapai Rp 685 miliar. 

Dalam kasus ini, penyidik menyita sejumlah barang bukti berupa 17 unit handphone, 3 unit laptop, 1 unit ipad, 3 unit token salah satu bank, 1 unit token bank, dan saat ini telah diajukan pemblokiran terhadap 5 rekening, serta uang tunai total Rp 6 Miliar 55 Juta.

Atas perbuatannya, Himawan mengatakan para tersangka dijerat Pasal 45 Ayat 3 Jo Pasal 27 Ayat 2 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2024 tentang perubahan kedua atas Undang-undang No 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, dan atau Pasal 82 dan atau Pasal 85 Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2011 tentang Tindak Pidana Transfer Dana.

Serta Pasal 3 Pasal 4 Pasal 5 Jo Pasal 10 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 Tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang dan atau Pasal 303 KUHP Jo Pasal 55 Ayat 1 ke 1 KUHP dengan ancaman hukuman pidana maksimal 20 tahun penjara.

Baca Selengkapnya

Deklarasi Pilkada Damai 2024, Kapolda Kalsel: Bentuk komitmen bersama agar Pilkada Kota Banjarbaru berjalan dengan lancar, aman, dan damai

Posted by subbaghumas-restala at Senin, 07 Oktober 2024

Dalam rangka menjaga keamanan dan kondusivitas Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Banjarbaru tahun 2024, Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) menggelar acara Deklarasi Pilkada Damai yang berlangsung di Hotel Novotel Banjarbaru pada Senin malam (7/10/2024).

Deklarasi ini dihadiri oleh berbagai pihak terkait, seperti Kapolda Kalsel, Ketua KPU Provinsi Kalsel, Ketua Bawaslu Provinsi Kalsel, Pejabat Utama Polda Kalsel, Pj. Walikota Banjarbaru, Ketua DPRD Kota Banjarbaru, Kapolres Banjarbaru, Ketua KPU Kota Banjarbaru, Ketua Bawaslu Kota Banjarbaru, serta para Paslon Calon Walikota dan Wakil Walikota Banjarbaru.

Tujuannya adalah untuk memastikan Pilkada yang aman, damai, dan bebas dari segala bentuk konflik maupun tindak kekerasan.

Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Adam Erwindi, S.I.K., M.H. mengatakan dalam keterangannya Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto, S.H., M.H. menyampaikan Deklarasi Damai yang dilangsungkan hari ini di wilayah Banjarbaru merupakan bentuk komitmen bersama seluruh pihak agar dalam kontestasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2024 ini dapat berjalan dengan lancar, aman, dan damai sehingga masyarakat dapat melaksanakan aktifitas seperti biasa.

Beliau pun menuturkan tahapan Pilkada di Kalimantan Selatan tetap berjalan meskipun beberapa waktu lalu terjadi operasi tangkap tangan (OTT) oleh KPK. “Kita ada KPU dan Bawaslu sesuai tahapannya Pilkada tetap berjalan sebagaimana mestinya, sehingga apa yang terjadi saat ini tidak mempengaruhi jalannya tahapan Pilkada di Kalimantan Selatan,” terang Kapolda Kalsel.

Selain itu Kapolda juga menekankan pentingnya menjaga netralitas dan keamanan selama proses Pilkada berlangsung. "Pilkada adalah pesta demokrasi yang harus berjalan dengan aman dan tertib. Kami dari jajaran Polda Kalsel siap mengawal proses ini agar berlangsung damai tanpa gangguan," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, seluruh peserta yang hadir menyatakan komitmen mereka untuk menjaga kedamaian selama masa kampanye hingga hari pemilihan. Deklarasi ini diharapkan dapat memberikan pesan positif kepada masyarakat Banjarbaru agar turut serta dalam menjaga ketertiban selama Pilkada berlangsung.

Dengan adanya deklarasi ini, Polda Kalsel berharap proses demokrasi di Kota Banjarbaru dapat berjalan lancar, aman, dan damai, sehingga menghasilkan pemimpin yang terbaik bagi masyarakat.

Baca Selengkapnya

Personil Polres Tanah laut Lakukan Pengecekan Gudang, Untuk Pastikan Logistik Pilkada 2024 Tetap Aman

Posted by subbaghumas-restala at

Tanah Laut – Dalam rangka memastikan kelancaran dan keamanan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, personel Polres Tanah Laut telah melaksanakan pengecekan terhadap kondisi gudang logistik Pilkada yang berlokasi di Kabupaten Tanah Laut. Pengecekan ini dilakukan sebagai bagian dari langkah pengamanan untuk memastikan semua logistik yang akan digunakan pada Pilkada tetap dalam kondisi baik dan aman.

Kapolres Tanah Laut, AKBP Muhammad Junaeddy Johnny, S.I.K., M.H., menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari tugas pokok Polres Tanah Laut dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama proses Pilkada berlangsung. "Kami telah menurunkan personel untuk melakukan pengecekan rutin terhadap gudang logistik, guna memastikan bahwa semua peralatan dan surat suara yang tersimpan dalam gudang tetap terjaga dengan baik, tanpa ada gangguan atau kerusakan," ujarnya.

Personel yang bertugas melakukan pengecekan tidak hanya memastikan keamanan fisik gudang, tetapi juga memeriksa sistem pengamanan, seperti kunci dan CCTV, serta berkoordinasi dengan pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat terkait distribusi logistik. Pengecekan ini juga diharapkan dapat mencegah segala bentuk ancaman yang dapat mengganggu jalannya Pilkada.

"Dengan adanya pengecekan rutin ini, kami berharap pelaksanaan Pilkada 2024 dapat berjalan dengan aman, lancar, dan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan," tambah Kapolres.

Polres Tanah Laut terus berkomitmen untuk memberikan pengamanan maksimal dalam seluruh tahapan Pilkada, mulai dari persiapan hingga pelaksanaan, guna memastikan hak demokrasi masyarakat Kabupaten Tanah Laut dapat tersalurkan dengan baik.

Baca Selengkapnya

Personil Polres Tanah Laut Laksanakan Pengamanan Ketua Bawaslu Yang Hadiri Kegiatan Pencanangan Desa Anti Politik Uang

Posted by subbaghumas-restala at Minggu, 06 Oktober 2024

Tanah Laut – Personil Polres Tanah Laut yang ditunjuk sebagai pengawalan pribadi Ketua Bawaslu Kabupaten Tanah Laut telah melaksanakan pengamanan dalam kegiatan pencanangan Desa Anti Politik Uang di Desa Tirta Jaya. Acara tersebut berlangsung di Balai Desa Tirta Jaya dan dihadiri langsung oleh Ketua Bawaslu. Senin(7/10).

Dalam kegiatan ini, Ketua Bawaslu menyampaikan pentingnya komitmen masyarakat untuk memerangi praktik politik uang yang kerap terjadi dalam kontestasi pemilu. Desa Tirta Jaya diharapkan menjadi percontohan bagi desa-desa lain di Kabupaten Tanah Laut dalam menolak segala bentuk politik uang.

Kapolres Tanah Laut, AKBP Muhammad Junaeddy Johnny, S.I.K., M.H., menyatakan bahwa pengamanan dilakukan dengan ketat demi memastikan keamanan dan kelancaran acara. "Pengamanan ini adalah bentuk dukungan kami terhadap pelaksanaan program Bawaslu dalam menciptakan pemilu yang bersih dan berintegritas," ujarnya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh perangkat desa, tokoh masyarakat, serta warga Desa Tirta Jaya yang antusias mendukung inisiatif tersebut. Polres Tanah Laut turut serta dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai bahaya politik uang dan dampak negatifnya terhadap demokrasi.

Dengan keberhasilan kegiatan ini, diharapkan semakin banyak desa yang mengikuti jejak Desa Tirta Jaya untuk mendeklarasikan komitmen anti-politik uang guna mendukung terciptanya pemilu yang jujur dan adil di Kabupaten Tanah Laut.

Baca Selengkapnya

Polres Tanah Laut Terima Kunjungan Kerja Tim Asistensi Dokkes Polda Kalsel

Posted by subbaghumas-restala at

Tanah Laut – Polres Tanah Laut menerima kunjungan kerja dari Tim Asistensi Fungsi Dokkes Polri Jajaran Polda Kalsel dalam rangka kegiatan Asistensi Dokkes Polri Tahun Anggaran 2024. Kunjungan tersebut dipimpin langsung oleh Kabid Dokkes Polda Kalsel, Kombes Pol dr. Muhammad El Yandiko, Sp.An-Ti, M.M. dan berlangsung pada Senin (7/10). Kedatangan tim disambut hangat oleh Kapolres Tanah Laut, AKBP Muhammad Junaeddy Johnny, S.I.K., M.H., didampingi oleh para pejabat utama Polres Tanah Laut.

Dalam kegiatan tersebut, Tim Biddokkes Polda Kalsel melakukan pengecekan terhadap sarana dan prasarana di Klinik Si Dokkes Polres Tanah Laut. Pengecekan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan fasilitas kesehatan dan meningkatkan mutu pelayanan, baik bagi anggota Polri maupun masyarakat yang membutuhkan.

Kapolres Tanah Laut, AKBP Muhammad Junaeddy Johnny, menegaskan pentingnya kegiatan asistensi ini dalam rangka menjaga kesiapan pelayanan kesehatan di lingkungan Polres Tanah Laut. 

"Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik, baik bagi anggota Polri maupun masyarakat. Dengan adanya asistensi ini, diharapkan seluruh fasilitas kesehatan yang ada dapat terus diperbarui dan ditingkatkan guna mendukung tugas kepolisian secara optimal," ujar Kapolres.

Pengecekan fasilitas ini akan menjadi dasar evaluasi untuk perbaikan ke depannya, terutama dalam menghadapi tantangan tugas kepolisian yang semakin kompleks serta memastikan bahwa layanan kesehatan yang diberikan selalu berada dalam kondisi prima.

Baca Selengkapnya

Aiptu Edy Fathurrahman Ahmed Raih Juara I Lomba Sumpit di Festival Olahraga Tradisional Tanah Laut

Posted by subbaghumas-restala at

Tanah Laut – Aiptu Edy Fathurrahman Ahmed, S.H., yang menjabat sebagai Ps. Pa Siaga 3 Bag Ops Polres Tanah Laut, berhasil meraih juara I dalam Lomba Sumpit pada ajang Festival Olahraga Tradisional Kabupaten Tanah Laut. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Olahraga Nasional 2024 dan berlangsung di Lapangan Pertasi, Pelaihari.

Piagam penghargaan dan piala kemenangan diserahkan langsung oleh Wakapolres Tanah Laut, Kompol Andri Hutagalung, S.Ab., M.A.P., pada apel jam pimpinan yang digelar pada Senin pagi (7/10). 

Dalam sambutannya, Wakapolres menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta dan menyebutkan bahwa prestasi Aiptu Edy merupakan contoh teladan bagi anggota lainnya dalam menjaga semangat kompetisi dan kebugaran melalui olahraga tradisional.

Festival Olahraga Tradisional ini diikuti oleh berbagai peserta dari instansi pemerintah dan masyarakat umum. Lomba sumpit, sebagai salah satu cabang olahraga tradisional, menjadi daya tarik tersendiri dalam peringatan Hari Olahraga Nasional tahun ini di Kabupaten Tanah Laut.

Kemenangan Aiptu Edy tidak hanya menjadi kebanggaan pribadi, tetapi juga memperkuat semangat korps kepolisian dalam mendukung pelestarian budaya tradisional Indonesia melalui olahraga.

Baca Selengkapnya

Jaga Satbilitas Kamtibmas Pada Masa Kampanye Pilkada 2024, Polsek Tambang Ulang Lakukan Patroli

Posted by subbaghumas-restala at Jumat, 04 Oktober 2024

TANAH LAUT – Personel piket jaga Polsek Tambang Ulang melaksanakan patroli rutin ke beberapa lokasi penempatan alat peraga kampanye (APK) pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tanah Laut pada Pilkada 2024. Kegiatan ini dilakukan guna mencegah terjadinya tindakan-tindakan yang dapat mengganggu stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) selama masa kampanye. Sabtu (5/10).

Patroli tersebut menyasar titik-titik strategis di wilayah hukum Polsek Tambang Ulang, di mana banyak terpasang alat peraga kampanye dari berbagai pasangan calon. Personel memastikan tidak ada vandalisme, pengrusakan, atau pelanggaran aturan kampanye yang dapat memicu gesekan antarpendukung.

Kapolsek Tambang Ulang Iptu Agusto Ferdinand Colunga, S.Tr.K., menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan langkah preventif yang diambil untuk menjaga suasana kondusif selama proses kampanye berlangsung. "Patroli ini kami lakukan secara rutin guna mengawasi dan memastikan tidak ada tindakan provokatif di lokasi pemasangan alat peraga kampanye. Tujuannya agar Pilkada 2024 di Kabupaten Tanah Laut berjalan aman dan damai," ujar Kapolsek.

Selain melakukan pengawasan, personel Polsek juga berkoordinasi dengan panitia pengawas pemilu (Panwaslu) dan para tim sukses pasangan calon agar aturan kampanye dipatuhi oleh semua pihak. Polri mengimbau agar masyarakat serta pendukung pasangan calon tetap menjaga situasi yang kondusif selama proses demokrasi berlangsung.

Dengan adanya patroli ini, diharapkan situasi keamanan di wilayah Tambang Ulang tetap terjaga dan masyarakat dapat menjalani Pilkada 2024 dengan aman, tertib, dan lancar.

Baca Selengkapnya

Rayakan Dirgahayu TNI Ke-79, Jajaran PJU Polres Tanah Laut Grebek Kodim 1009/Tla

Posted by subbaghumas-restala at

TANAH LAUT – Dalam rangka memperingati Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ke-79, jajaran Pejabat Utama Polres Tanah Laut memberikan kejutan spesial kepada Kodim 1009/Tla. Dipimpin oleh Kabag Ops Polres Tanah Laut, Kompol Abdul Fatah. S.Pd, M.M., rombongan Polres Tanah Laut mendatangi markas Kodim 1009/Tla dengan membawa tumpeng sebagai simbol persahabatan dan sinergitas antara TNI dan Polri. Sabtu (5/10).

Kedatangan mereka disambut hangat oleh Perwira Jaga Kodim 1009/Tla beserta Personil Jaga Lainnya. Kejutan tersebut merupakan wujud apresiasi dan penghormatan dari Polres Tanah Laut kepada TNI yang telah berperan besar dalam menjaga kedaulatan negara serta membantu masyarakat, khususnya di wilayah Tanah Laut.

Dalam suasana penuh keakraban, Kompol Abdul Fatah menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh personel TNI yang bertugas. "Kami dari Polres Tanah Laut mengucapkan Dirgahayu ke-79 untuk TNI. Semoga sinergitas yang selama ini terjalin antara TNI dan Polri semakin kuat dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat," ucapnya.

Perwira Jaga Kodim 1009/Tla yang melaksanakan Piket Penjagaan menyambut baik kedatangan rombongan Polres Tanah Laut tersebut. Ia menyampaikan rasa terima kasih atas perhatian dan dukungan yang diberikan oleh Polres Tanah Laut selama ini. "Ini adalah bukti nyata bahwa kita selalu bersatu untuk kepentingan bangsa dan negara. Terima kasih atas kejutan yang luar biasa ini," ujarnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng sebagai simbol persatuan dan kebersamaan antara TNI dan Polri di wilayah Tanah Laut. Kedua institusi berharap agar hubungan baik ini terus terjaga demi keamanan dan kesejahteraan masyarakat Tanah Laut.

Baca Selengkapnya

Polres Tanah Laut Laksanakan Pengamanan Kampanye Tatap Muka Paslon Bupati dan Wakil Bupati Nomor Urut 02 di Kecamatan Batu Ampar

Posted by subbaghumas-restala at Kamis, 03 Oktober 2024

Tanah Laut – Polres Tanah Laut, di bawah pimpinan Kapolres AKBP Muhammad Junaeddy Johnny, S.I.K., M.H., melaksanakan rangkaian kegiatan pengamanan kampanye tatap muka pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Nomor Urut 02, H. Bambang Alamsyah, S.T. dan Ikhwan Khariri, A.Md. di Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Tanah Laut, Kamis (3/10).

Kegiatan kampanye ini berlangsung dengan tertib dan lancar, dihadiri oleh para pendukung serta masyarakat setempat. Dalam kesempatan tersebut, pasangan calon nomor urut 02 menyampaikan visi dan misi mereka untuk membangun Kabupaten Tanah Laut yang lebih maju dan sejahtera.

Polres Tanah Laut turut menurunkan personel dalam jumlah cukup untuk memastikan keamanan dan ketertiban selama kampanye berlangsung. Kapolres AKBP Muhammad Junaeddy Johnny menyampaikan bahwa pengamanan ini bertujuan untuk menjaga situasi yang kondusif serta menjamin hak masyarakat dalam mengikuti proses demokrasi secara damai dan aman.

"Kami mengerahkan personel secara maksimal untuk menjaga agar kampanye berlangsung tertib tanpa adanya gangguan keamanan. Kami juga mengimbau kepada seluruh masyarakat agar menjaga suasana yang harmonis selama masa kampanye berlangsung," ujar Kapolres.

Kampanye ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan pilkada serentak yang akan berlangsung di Kabupaten Tanah Laut, di mana setiap pasangan calon diberikan kesempatan untuk bertatap muka langsung dengan masyarakat guna memperkenalkan program-program mereka.

Polres Tanah Laut terus berkomitmen dalam memberikan pelayanan dan pengamanan terbaik selama masa kampanye hingga pelaksanaan pilkada selesai.

Dengan suasana yang aman dan terkendali, diharapkan seluruh proses demokrasi dapat berjalan lancar hingga hari pemilihan tiba.

Baca Selengkapnya

Cegah Pengrusakan Alat Peraga Kampanye, Polsek Jorong Lakukan Patroli

Posted by subbaghumas-restala at

Tanah Laut – Personil Polsek Jorong melaksanakan patroli malam hari dengan fokus pada pengawasan alat peraga kampanye yang tersebar di wilayah Kecamatan Jorong. Langkah ini dilakukan guna menciptakan situasi yang aman dan kondusif selama masa kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Kapolsek Jorong Iptu Joko Sulistiyo menyampaikan bahwa patroli ini bertujuan untuk mencegah potensi gangguan keamanan yang mungkin timbul akibat vandalisme atau penurunan paksa alat peraga kampanye oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. "Kami ingin memastikan agar alat peraga kampanye tetap berada dalam kondisi yang baik dan tidak ada pihak yang merusak, demi menciptakan suasana yang aman dan damai selama proses Pilkada berlangsung," ujarnya.

Patroli dilakukan dengan rute yang mencakup seluruh titik strategis yang menjadi lokasi pemasangan alat peraga kampanye, seperti spanduk, baliho, dan poster. Selain itu, petugas juga berkoordinasi dengan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) setempat untuk memantau kepatuhan terhadap aturan kampanye yang berlaku.

Kegiatan patroli malam ini merupakan bagian dari upaya Polsek Jorong dalam menjaga stabilitas keamanan selama tahapan Pilkada. Kapolsek juga mengimbau kepada masyarakat dan para peserta Pilkada untuk tetap menjaga ketertiban serta menghormati aturan kampanye yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Dengan adanya langkah preventif ini, diharapkan Pilkada 2024 di wilayah Kecamatan Jorong dapat berjalan lancar, aman, dan damai tanpa ada gangguan yang berarti.


Baca Selengkapnya

Pastikan Keamanan Logistik Pilkada, Personil Sat Samapta Polres Tanah Laut Lakukan Patroli Rutin

Posted by subbaghumas-restala at

Tanah Laut - Dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban selama masa persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) mendatang, Personil Sat Samapta Polres Tanah Laut melaksanakan patroli pengecekan di gudang logistik pemilu. 

Kapolres Tanah Laut, AKBP M. Junaeddy Johnny, menjelaskan bahwa patroli ini merupakan bagian dari upaya kepolisian dalam memastikan keamanan seluruh sarana dan prasarana yang akan digunakan pada Pilkada 2024. "Kami memastikan bahwa seluruh gudang logistik yang menyimpan peralatan dan perlengkapan Pilkada berada dalam kondisi aman, sehingga proses Pilkada dapat berjalan lancar tanpa gangguan," ujarnya.

Personil Sat Samapta melakukan pengecekan menyeluruh terhadap kondisi gudang, mulai dari pintu masuk, pengawasan kamera CCTV, hingga penjagaan oleh petugas keamanan setempat. Selain itu, mereka juga berkoordinasi dengan pihak penyelenggara Pilkada untuk memastikan bahwa tidak ada indikasi ancaman yang bisa mengganggu distribusi logistik.

Kegiatan patroli ini akan terus dilaksanakan secara berkala hingga seluruh rangkaian Pilkada selesai. Polres Tanah Laut berkomitmen untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat serta menjaga integritas penyelenggaraan Pilkada 2024.

Dengan adanya patroli ini, diharapkan situasi keamanan di Tanah Laut tetap kondusif dan seluruh proses Pemilu dapat berjalan dengan sukses tanpa adanya gangguan. 


Baca Selengkapnya

Asistensi Fungsi Keuangan dan Bimbingan Teknis Pelaksanaan Anggaran Tahun 2024 di Polres Tanah Laut

Posted by subbaghumas-restala at Rabu, 02 Oktober 2024

 


Tanah Laut - Bertempat di Joglo Wicaksana Laghawa Polres Tanah Laut, dilaksanakan kegiatan Asistensi Fungsi Keuangan dan Bimbingan Teknis Pelaksanaan Anggaran Tahun 2024. Acara ini dipimpin oleh Kombes Pol Ane Kristina, S.A.P., selaku Ketua Tim Asistensi dari Puskeu Polri, Rabu (2/10).


Dalam kegiatan tersebut, Kapolres Tanah Laut AKBP Muhammad Junaeddy Johnny, S.I.K., M.H., turut memberikan sambutannya. Beliau menyampaikan apresiasi atas kehadiran Tim Asistensi Puskeu Polri dan menekankan pentingnya kegiatan ini dalam meningkatkan kompetensi personel dalam hal pengelolaan anggaran, khususnya menjelang pelaksanaan anggaran tahun 2024.


Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh pejabat utama Polres Tanah Laut, bendahara, serta para operator anggaran. Mereka mendapatkan bimbingan teknis terkait pelaksanaan dan pengelolaan anggaran yang lebih efektif dan akuntabel, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.


Acara ini diharapkan dapat memperkuat sinergi dan kapabilitas personel Polres Tanah Laut dalam pengelolaan keuangan serta mendukung kelancaran operasional di tahun anggaran 2024 mendatang.

Baca Selengkapnya

Sukses Atasi Masalah Mafia Tanah, Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto Raih Penghargaan dari Kepala Staf Kepresidenan RI

Posted by subbaghumas-restala at

Jakarta – Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel) Irjen Pol Winarto, S.H., M.H. menerima penghargaan dari Kantor Staf Presiden (KSP) Republik Indonesia atas kontribusinya dalam penyelesaian permasalahan mafia tanah di wilayah Kalimantan Selatan. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Staf Kepresidenan RI Jenderal TNI (Purn) Dr. Moeldoko dalam sebuah acara resmi yang berlangsung di Kantor Staf Presiden, Jakarta Pusat, Rabu (2/10/2024).

Irjen Pol Winarto dinilai berhasil mengatasi berbagai konflik dan sengketa tanah yang selama ini menjadi permasalahan serius di Kalimantan Selatan. Dengan pendekatan yang humanis dan tegas, Kapolda Kalsel berhasil menciptakan solusi yang adil bagi masyarakat, serta menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban di wilayahnya.

Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Adam Erwindi, S.I.K., M.H. mengatakan, pada kesempatan tersebut Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto menyampaikan rasa terima kasihnya atas penghargaan yang diberikan oleh Kepala Staf Kepresidenan RI dan menegaskan komitmennya untuk terus bekerja memberantas mafia tanah demi kepentingan masyarakat. "Kami akan terus mengedepankan pendekatan dialogis dan solutif dalam menangani setiap permasalahan yang ada, demi terciptanya ketertiban dan keadilan di Kalimantan Selatan," ujarnya.

"Kerja sama yang baik antara pemerintah daerah, aparat keamanan, dan masyarakat sangat penting untuk menyelesaikan masalah tanah yang kerap menimbulkan konflik horizontal. Penghargaan ini adalah bentuk apresiasi atas kinerja luar biasa dari seluruh pihak khususnya anggota Polda Kalsel," tambahnya.

Kapolda pun menegaskan komitmennya untuk terus mendukung program-program pemerintah dalam menjaga stabilitas serta mempercepat penyelesaian persoalan agraria di Kalimantan Selatan.

Penyelesaian masalah tanah ini diharapkan menjadi contoh bagi daerah lain di Indonesia, terutama dalam hal kerjasama antara berbagai pihak untuk menciptakan solusi yang berkeadilan bagi semua pihak.

Selain Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto, penghargaan serupa juga diterima oleh Dir Reskrimum Polda Kalsel Kombes Pol Erick Frendriz, S.I.K., M.Si., dan Kapolres Banjar AKBP M. Ifan Hariyat T, S.I.K., M.H.

Baca Selengkapnya

Polres Tanah Laut Alkukan Pengamanan di Kantor KPU

Posted by subbaghumas-restala at Selasa, 01 Oktober 2024

 

Tanah Laut, 2 Oktober 2024 – Polres Tanah Laut menggelar pengamanan di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanah Laut pada hari Rabu (02/10) dalam rangka pelaksanaan Operasi Mantap Praja Intan Tahun 2024. Operasi ini merupakan bagian dari upaya pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang akan datang.

Dalam kegiatan tersebut, personel dari Polres Tanah Laut diterjunkan untuk memastikan keamanan dan kelancaran aktivitas di kantor KPU sebagai pusat persiapan dan pelaksanaan Pemilu di wilayah Tanah Laut. Kapolres Tanah Laut, AKBP M. Junaeddy Johnny, S.I.K.,M.H. menyampaikan bahwa pengamanan ini merupakan bagian dari upaya proaktif Polri dalam menjaga stabilitas dan keamanan selama tahapan Pemilu berlangsung.

“Kami berkomitmen untuk menjaga agar seluruh proses Pemilu, mulai dari tahap persiapan hingga pelaksanaan, dapat berjalan aman dan lancar. Operasi Mantap Praja Intan ini bertujuan untuk mengantisipasi segala potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat,” ujar Kapolres.

Pengamanan di Kantor KPU Tanah Laut melibatkan personel dari berbagai satuan, termasuk Satuan Sabhara, Satuan Intelkam. Selain pengamanan di kantor KPU, Polres Tanah Laut juga melakukan patroli di sekitar wilayah yang dianggap rawan, serta berkoordinasi dengan instansi terkait seperti TNI, Bawaslu dan pemerintah daerah.

Operasi Mantap Praja Intan 2024 diharapkan dapat menjaga kondusivitas wilayah Tanah Laut, sehingga seluruh tahapan Pemilu dapat berjalan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.

Dengan dilaksanakannya pengamanan ini, diharapkan situasi keamanan dan ketertiban di Kabupaten Tanah Laut tetap terjaga hingga selesainya seluruh rangkaian Pemilu 2024.

Baca Selengkapnya