Hotline: 0517-21086, email: subbaghumas_restala@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

PICTURE SLIDESHOW











Video

KAPOLRES TALA

KAPOLSEK PANYIPATAN USULKAN TALI ASIH BAGI PETANI JAGUNG

Posted by Humas Polres Tala at Selasa, 24 Maret 2015



Pelaihari, 25/03/2015

Sengketa lahan kembali terjadi di lokasi lahan plasma perkenunan sawit PTPN XIII Pelaihari block 8 dan 9 di Ds. Kuringkit Kec. Panyipatan Kab. Tanah Laut, sengketa  kali ini melibatkan beberapa warga Ds. Kuringkit Kec. Panyipatan dengan pihak PTPN XIII Pelaihari, warga mengklaim kepemilikan lahan seluas 30 Ha (hektar) tersebut karena telah dimanfaatkan untuk bertanam jagung namun sayangnya klaim pengakuan kepemilikan lahan yang diajukan warga Ds. Kuringkit tidak memiliki legalitas.

Senin, 23/03/2015 sekira jam 08.30 Wita Kapolsek Panyipatan Polres Tanah Laut IPTU Hadi Supanto menerima kedatangan 12 warga Ds. Kuringkit Kec. Panyipatan dan pihak PTPN XIII Pelaihari di Mapolsek Panyipatan untuk bermediasi secara kekeluargaan menyelesaikan sengketa lahan yang terjadi dan turut hadir juga Babinsa Ds. Kuringkit dalam acara mediasi yang dipimpin IPTU Hadi Supanto tersebut. Mediasipun berlangsung alot selama sekitar 2 jam tanpa menghasilkan kata kesepakatan.

Sekira jam 11.00 Wita IPTU Hadi Supanto mengajak kedua belah pihak yang bersengketa ke lokasi lahan perkenunan plasma sawit PTPN XIII Pelaihari block 8 dan 9 untuk langsung melakukan pengukuran menggunakan alat GPS (Global Positioning System), setelah pengukuran beberapa wargapun menyadari dengan lapang dada jika klaim kepemilikannya atas lahan tersebut tidak berdasar dan mengakui kepemilikannya adalah pihak PTPN XIII Pelaihari, namun ada juga beberapa dari warga tidak puas dan tetap mengkalim kepemilikan lahan tersebut, mediasipun rencananya akan kembali dilanjutkan di Mapolsek Panyipatan setelah ada jawaban selanjutnya dari pihak PTPN XIII Pelaihari.

Saat dilokasi lahan IPTU Hadi Supanto juga melakukan binluh kepada warga Ds. Kuringkit dengan pesan kamtibmas agar warga tidak terprokasi untuk melakukan tindakan anarkis seperti pengerusakan tanaman sawit disaat penanganan sengketa lahan masih berjalan dan juga menyarankan kepada pihak pihak PTPN XIII Pelaihari agar mau memberikan tali asih kepada warga Ds. Kuringkit.

0 komentar:

Posting Komentar