Hotline: 0517-21086, email: subbaghumas_restala@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

PICTURE SLIDESHOW











Video

KAPOLRES TALA

Jamin Keamanan, Personil Sat Samapta Laksanakan Patroli Dalam Rangka Pilkada 2024

Posted by subbaghumas-restala at Sabtu, 14 September 2024

 TANAH LAUT – Dalam rangka menjaga keamanan dan kelancaran pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Polres Tanah Laut melalui Satuan Samapta (Sat Samapta) melaksanakan patroli pengamanan di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), serta gudang logistik Pemilu yang berada di Kabupaten Tanah Laut. Kegiatan ini merupakan bagian dari Operasi Mantap Praja Intan 2024 yang digelar untuk memastikan situasi tetap kondusif selama tahapan Pemilu berlangsung.


Kasat Samapta Polres Tanah Laut, AKP Duki, menjelaskan bahwa patroli pengamanan ini bertujuan untuk mengantisipasi potensi gangguan keamanan, serta memastikan tempat-tempat vital yang berkaitan dengan Pemilu mendapatkan pengawasan yang ketat. “Kami memaksimalkan kesiapsiagaan dengan meningkatkan frekuensi patroli di titik-titik strategis, seperti Kantor KPU, Bawaslu, dan gudang logistik. Ini merupakan upaya untuk menjamin keamanan selama tahapan Pemilu,” ujarnya.

Patroli dilakukan secara berkala oleh petugas Sat Samapta yang dibekali dengan peralatan lengkap. Mereka juga melakukan koordinasi intensif dengan pihak-pihak terkait, termasuk petugas dari KPU dan Bawaslu, guna memastikan tidak adanya celah bagi potensi gangguan.

Operasi Mantap Praja Intan 2024 sendiri merupakan operasi kepolisian yang digelar secara serentak di seluruh wilayah Indonesia dalam rangka pengamanan Pemilu. Di Kabupaten Tanah Laut, pengamanan dipusatkan di beberapa lokasi vital, termasuk kantor KPU, Bawaslu, serta tempat penyimpanan logistik Pemilu. Pengamanan ini diharapkan dapat menjamin kelancaran proses Pemilu dari tahap persiapan hingga pelaksanaan pemungutan suara.

Masyarakat Kabupaten Tanah Laut diimbau untuk tetap tenang dan mendukung upaya kepolisian dalam menjaga situasi yang aman dan kondusif selama berlangsungnya Pemilu 2024. Polres Tanah Laut berkomitmen untuk terus mengawal jalannya Pemilu agar tercipta kondisi yang aman dan tertib.

Baca Selengkapnya

Kegiatan Piket Posko Operasi Mantap Praja Intan 2024 di Polres Tanah Laut

Posted by subbaghumas-restala at Kamis, 12 September 2024

Tanah Laut - Posko Operasi Mantap Praja Intan Tahun 2024 Polres Tanah Laut melaksanakan serangkaian kegiatan penting dalam rangka pengamanan dan kesiapan pelaksanaan Pilkada 2024. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Polres Tanah Laut untuk memastikan kelancaran dan keamanan proses Pilkada di wilayah tersebut.

Dalam kegiatan piket hari ini, petugas melaksanakan beberapa tugas utama, di antaranya mengisi mutasi secara manual maupun online melalui Aplikasi Early Warning System (EWS). Selain itu, petugas juga mengisi tabulasi kegiatan baik secara manual maupun melalui aplikasi yang sama. Langkah ini dilakukan untuk memastikan bahwa semua data kegiatan terinput dengan baik dan dapat dipantau secara real-time.

Selain itu, pengecekan terhadap rencana kegiatan (renggiat) dan laporan hasil kegiatan (lap hasil) yang telah diinput ke dalam Aplikasi EWS juga dilakukan dengan cermat. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa semua informasi yang diperlukan telah masuk ke dalam sistem dengan benar dan lengkap.

Petugas piket juga bertanggung jawab untuk mengumpulkan renggiat dan lap hasil giat secara manual yang telah dikirimkan dari para operator Satuan Tugas (Satgas) dan Sub Satuan Tugas (Sub Satgas). Pengumpulan ini bertujuan untuk memverifikasi keakuratan data yang diinput secara manual dengan data yang ada di aplikasi, sehingga tidak terjadi kesalahan atau kekeliruan dalam pelaporan.

Kegiatan ini berjalan lancar dan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Posko Operasi Mantap Praja Intan 2024 Polres Tanah Laut terus berkomitmen untuk memberikan yang terbaik dalam mendukung kelancaran dan keamanan pelaksanaan Pilkada 2024 di wilayah Tanah Laut.

Baca Selengkapnya

Posted by subbaghumas-restala at

Atlet Judo Polri dari provinsi Jawa Barat kembali meraih emas di PON XXI Aceh Sumut. Kali ini emas dipersembahkan Bharaka I Kadek Pasek Karisna yang berdinas di batalyon C resimen I pasukan Pelopor. 

Kadek menyumbang emas di kelas 90 kg putra setelah di final mengalahkan pejudo asal Bali, I Made Sastra Dharma di GOR Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Aceh, Rabu (11/9/2024).

Di tahun 2023, I Kadek juga berhasil menjadi juara 1 pada Southeast Asia Championship. 

"Berkat dukungan dari kesatuan dan kesempatan yang diberikan untuk mengikuti latihan khusus di Korea selama 45 hari ini merupakan penghargaan emas pertama saya setelah empat kali ikut PON,” kata Bharaka Kadek Pasek.

I Kadek Pasek mempersembahkan medali emas untuk mendiang pelatihnya. Ia bercerita mendiang pelatihnya pernah bermimpi melihat I Kadek Pasek dikalungi medali emas pada ajang olahraga multi cabang tingkat nasional. Namun, hingga akhir hayatnya sang pelatih belum sempat melihat momen bahagia tersebut.

"Emas ini saya persembahkan untuk pelatih saya yang sudah almarhum," Imbuh Kadek. 

Kadek juga mempersembahkan medali emas untuk orang tua, istri dan calon anaknya yang akan lahir tahun depan.

Dari cabang olahraga Muaythai, dua atlet Polri juga berhasil merebut medali perak dan perunggu. Bharatu Muhammad Firdaus Ali Qodri dari kesatuan KBRN pasukan gegana korps Brimob Polri yang meraih medali perak kategori Muayboran putra dan Bripda Gino Rinaldi Fauzi yang  meraih medali perunggu di kelas 57 Kg Putra. 

Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia Irjen Pol. Dedi Prasetyo mengapresiasi prestasi atlet Polri yang tengah berlaga di PON XXI Aceh Sumut. 

Irjen Pol Dedi Prasetyo berharap para atlet Polri yang berlaga di PON XXI Aceh Sumut bisa mendulang medali sebanyak-banyaknya. 

“Pekan Olahraga Nasional jadi ajang untuk menunjukkan kemampuan terbaik atlet Polri sekaligus mengibarkan Semangat Tribrata. Polri bangga memiliki anggota yang memiliki semangat juang tinggi,” ujar Irjen Pol Dedi Prasetyo. 

Irjen Pol Dedi Prasetyo menambahkan Polri akan terus mendukung setiap anggotanya yang berprestasi. Salah satunya melalui pembentukan Komite Olahraga Polri (KOP) yang diresmikan bulan Mei 2024 lalu. KOP adalah sebuah wadah dan sistem untuk memastikan pembinaan dan penjaminan hak-hak atlet Polri yang berprestasi.

KOP diharapkan menjadi bagian penting terhadap peningkatan SDM Polri yang unggul menuju Indonesia emas 2024.

“Bapak Kapolri memberikan apresiasi berupa penghargaan pendidikan Sekolah Bintara Polri, " Pungkas Irjen Pol Dedi Prasetyo

Baca Selengkapnya

Antarkan Paket Sabu Seorang Pemuda Asal Jorong Di Tangkap Satuan Resnarkoba Polres Tanah Laut

Posted by subbaghumas-restala at Rabu, 11 September 2024

TANAH LAUT - Satuan Reserse Narkoba Polres Tanah Laut berhasil menangkap seorang pelaku peredaran gelap narkotika. Pelaku yang diketahui bernama Ar alias ADUL ditangkap karena terbukti memiliki, menguasai, dan mengedarkan narkotika jenis sabu.

Penangkapan tersebut berawal dari laporan masyarakat yang mencurigai bahwa AR alias ADUL memiliki narkotika jenis sabu. Menindaklanjuti laporan tersebut, anggota Satresnarkoba Polres Tanah Laut segera melakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan pelaku di pinggir Jalan A. Yani, Kecamatan Jorong.

Dalam penggeledahan yang dilakukan di tempat kejadian, yang turut disaksikan oleh warga setempat, polisi berhasil menemukan dua paket sabu beserta barang bukti lainnya. Berdasarkan hasil interogasi awal, AR mengaku bahwa dirinya diperintah oleh seorang bernama HU, yang saat ini masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO), untuk mengantarkan narkotika tersebut dari Desa Muara Kintap menuju sebuah jembatan di pinggir jalan A. Yani Kecamatan Jorong.

Kapolres Tanah Laut, AKBP M. Junaeddy Johhny, S.I.K., M.H., menyampaikan bahwa tersangka beserta barang bukti telah dibawa ke Polres Tanah Laut untuk menjalani proses hukum lebih lanjut. Kapolres juga menegaskan bahwa pihaknya akan terus berupaya memberantas peredaran narkotika di wilayah Tanah Laut demi menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Kami mengapresiasi peran serta masyarakat dalam memberikan informasi yang sangat membantu pihak kepolisian dalam mengungkap kasus ini. Kami juga berkomitmen untuk terus menindak tegas para pelaku kejahatan narkotika yang meresahkan masyarakat," ujar AKBP M. Junaeddy.

Pihak kepolisian kini tengah mengembangkan kasus ini untuk memburu pelaku lain yang terkait dengan jaringan peredaran narkotika tersebut, khususnya HU yang saat ini masih dalam pengejaran. Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan melaporkan aktivitas mencurigakan terkait peredaran narkotika kepada pihak berwenang. " kepada tersangka AR dijerat Pasal 114 Ayat (2) Sub Pasal 112 Ayat (2) Undang-Undang R.I Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara' tutur Kapolres.

Baca Selengkapnya

Sinergi Polres Tanah Laut dan Kodim 1009/Tanah Laut dalam Pengamanan Kantor KPU Kabupaten Tanah Laut

Posted by subbaghumas-restala at

Tanah Laut – Dalam rangka Operasi Mantap Praja Intan Tahun 2024, Polres Tanah Laut bersama dengan Kodim 1009/Tanah Laut melaksanakan pengamanan di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanah Laut. Kegiatan ini merupakan wujud sinergi antara TNI dan Polri untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama tahapan Pilkada 2024.

Kapolres Tanah Laut, AKBP Muhammad Junaeddy Johnny, S.I.K., M.H., menyatakan bahwa sinergi antara Polres dan Kodim 1009/Tanah Laut ini sangat penting untuk memastikan seluruh proses pilkada berjalan aman dan lancar. Kerja sama ini menunjukkan komitmen kami untuk menjaga stabilitas dan keamanan di wilayah Kabupaten Tanah Laut, terutama dalam menghadapi Pilkada 2024.

"Kami bersama Jajaran TNI siap menjaga keamanan di setiap tahapan Pilkada, mulai dari persiapan hingga pelaksanaan. TNI dan Polri akan terus bersinergi demi terciptanya situasi yang kondusif" Tegas Kapolres.

Pengamanan ini melibatkan personel dari kedua instansi yang ditempatkan di sekitar Kantor KPU Kabupaten Tanah Laut. Tujuannya adalah untuk memastikan tidak ada gangguan yang dapat menghambat proses tahapan Pilkada 2024, serta memberikan rasa aman bagi petugas KPU dan masyarakat yang terlibat.

Operasi Mantap Praja Intan 2024 adalah operasi skala nasional yang difokuskan pada pengamanan proses Pilkada di seluruh Indonesia. Di Kabupaten Tanah Laut, sinergi antara Polres dan Kodim 1009/Tanah Laut diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam menjaga kelancaran dan keamanan seluruh proses pilkada.

Baca Selengkapnya

Atlet Judo Polri Sumbang Emas Untuk Provinsi Bali di Pon XXI Aceh Sumut

Posted by subbaghumas-restala at Selasa, 10 September 2024

Pejudo dari Jawa Barat yang juga seorang anggota Polri, Bharaka Dewa Kadek Rama Warma Putra berhasil meraih medali emas kelas 66 kilogram putra di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh Sumut hari kedua. 


Di final Anggota organik pasukan pelopor Korps Brimob Polri ini mengalahkan Ridho, pejudo asal Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebelumnya Dewa Kadek mengalahkan pejudo Daerah Khusus Jakarta di semifinal. 

Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia Irjen Pol. Dedi Prasetyo menyambut gembira kemenangan yang diraih Dewa Kadek. 

"Bangga sekali atas capaian emas yang diraih Dewa Kadek. Atas prestasi ini Kapolri memberikan penghargaan berupa kesempatan melanjutkan pendidikan Sekolah Bintara Polri, " Ujar Irjen Pol. Dedi Prasetyo. 

Irjen Pol. Dedi berharap prestasi Dewa Kadek memotivasi atlet Polri lain yang berlaga di PON XXI. 
Tercatat ada 298 atlet Polri yang bertanding di 46 cabang olahraga PON 2024

Irjen Pol Dedi Prasetyo menambahkan ada 298 atlet Polri dan official yang mengikuti PON XXI lewat 46 cabang olahraga yang dipertandingkan.  

“Saya minta semua atlet Polri yang bertanding di event apapun, terutama PON yang sedang berlangsung untuk terus mengobarkan semangat dan Panji-panji Tribrata di gelanggang olahraga. Junjung tinggi sportivitas,” imbuh Irjen Pol. Dedi Prasetyo. 

Di hari kedua penyelenggaraan PON XXI 2024 ada 29 cabang olahraga yang dipertandingkan. Provinsi Jawa Timur untuk sementara memimpin perolehan medali dengan raihan 28 emas, 13 perak, 18 perunggu. 
Di posisi kedua perolehan medali sementara bertengger provinsi Jawa Barat dengan 14 emas, 19 perak, dan 21 perunggu. 

Tuan rumah Sumatera Utara menempet dengan ketat di urutan ketiga dengan koleksi 13 emas, 3 perak, 7 perunggu.
Baca Selengkapnya

Strategi Polri Amankan Pilkada Serentak 2024

Posted by subbaghumas-restala at

 


Jakarta - Polri memaparkan strategi pengamanan penyelenggaraan Pilkada serentak 2024. Hal tersebut disampaikan dalam Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bako Humas) yang digelar hari ini, Selasa (10/9/2024).


Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, acara Bako Humas sangat penting. Sebab di era saat ini adalah kolaborasi bukan kompetisi.

"Tentu Bako Humas merupakan bagian daripada komunikasi strategis yang penting. Kita ketahui pernah mengalami yang tanpa kita prediksi yaitu Covid-19. Tanpa kolaborasi tentu tidak terselesaikan dengan cepat dalam penanganan khususnya terkait persoalan bangsa," kata Trunoyudo.
Saat ini, kata Trunoyudo, Indonesia akan menghadapi pesta demokrasi pemilihan kepala daerah serentak usai penyelenggaraan pilpres dan pileg.

"Tentu demokrasi hal yang diamanatkan dalam undang-undang dalam satu frame baik pancasila, uud 45, bhinneka tunggal ika dan NKRI. Ini dilegalkan artinya secara konstitusi diatur masyarakat kita punya hak untuk memilih dalam rangka mengubah nasib masing-masing dalam hal memilih pimpinan daerahnya. Polri tidak bisa bekerja sendiri dan ini adalah hal yang kolaboratif," ujarnya.
Pada kesempatan ini, Trunoyudo membacakan amanat Kadiv Humas Polri Irjen Pol Sandi Nugroho dengan tema 'Strategi Polri Dalam Rangka Pengamanan Pilkada 2024 Guna Terciptanya Situasi Aman dan Kondusif'.

"Pilkada menjadi tonggak penting dalam agenda demokrasi indonesia dimana masyarakat secara langsung memilih pemimpin untuk daerah mereka," katanya.

Namun setiap pilkada tidak hanya ajang politik, tetapi juga menguji kestabilitas keamanan suatu daerah. Polri sebagai garda terdepan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat memiliki peran sentral untuk memastikan bahwa proses pilkada berjalan lancar, aman dan kondusif.

"Tahun 2024 menandai momen krusial bagi Polri menghadapi pilkada dimana tantangan keamanan semakin kompleks dgn adanya dinamika sosial dan politik yang berkembang sangat cepat," ujarnya.

Trunoyudo menjelaskan, untuk mengantisipasi berbagai potensi ancaman, Polri telah menyiapkan strategi yang terukur. Salah satu pilar strategi ini adalah penguatan pengamanan sejak tahap pra pilkada, dimana dalam tahap pilkada yang pernah dilaksanakan sering muncul konflik antar pendukung calon, penyebaran hoaks dan potensi gangguan keamanan lainnya.

Lebih lanjut, mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini menyampaikan Polri meningkatkan patroli dan pengawasan yang tidak hanya di dunia nyata, tetapi juga di dunia maya secara intensif serta berkoordinasi yang erat dengan instansi terkait.

"Untuk mencegah potensi terjadi kerusuhan dan gangguan keamanan lainnya sebelum berkembang jadi masalah yang lebih nyata dan besar," ucapnya.

Ia menambahkan, Polri juga melakukan pendekatan dan keterlibatan aktif dengan berbagai elemen masyarakat seperti tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan organisasi kemasyarakatan yang menjadi kunci membangun dukungan publik secara luas terhadap upaya menjaga keamanan selama pilkada.

Polri, ujarnya, juga selalu berupaya menciptakan kesadaran tentang pentingnya menjaga perdamaian dan ketertiban selama proses demokrasi berlangsung. Peningkatan kualitas personel juga menjadi fokus utama dalam persiapan polri menghadapi pilkada 2024 dgn melakukan pelatihan intensif dan simulasi situasi darurat.

"Polri memastikan bahwa setiap personelnya menghadapi berbagai tantangan yang mungkin akan terjadi mulai dari pengamanan pemungutan suara, hingga penanganan konflik sosial serta meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung operasional keamanan," katanya.

Trunoyudo mengatakan, sistem pemantauan digital, analisis data dan penggunaan aplikasi mobile memungkinkan Polri untuk merespons secara cepat dan efektif terhadap perkembangan situasi di lapangan serta mengkoordinasikan lintas sektoral dengan instansi terkait lainnya.

Menurut Trunoyudo, tugas pengamanan pilkada bukan hanya tugas Polri tetapi juga menjadi tanggungjawab seluruh elemen bangsa.

"Polri telah melakukan pemetaan melalui indeks potensi kerawanan pilkada sebagai dasar melaksanakan operasi. Mantap Praja dan Satgas Nusantara Cooling System untuk menjaga situasi aman, damai dan kondusif selama tahapan pemilu dan pilkada serentak di 2024," katanya.

Polri juga melakukan deklarasi pemilu bersama dan sosialisasi kepada masyarakat terkait dengan langkah-langkah implementasi kepolisian berbasis wilayah yang dikenal dengan istilah Asta Siap, dengan maksudnya 8 persiapan yang dijadikan acuan pemolisian berbasis dampak melalui satuan tugas terpadu.

"Antara lain siap peranti lunak, siap posko, siap personel, siap latihan pra operasi, siap sarana dan prasarana, siap anggaran, siap masyarakat, siap terhadap kondisi kambtibmas," katanya.

Melalui upaya kolaboratif dengan berbagai pihak terkait, lanjut Trunoyudo, Polri menunjukan komitmen yang kuat menghadirkan proses demokrasi yang berkeadilan, aman dan bermartabat bagi seluruh masyarakat indonesia pada saat Pilkada nanti.

"Saya berharap kegiatan ini dapat dijadikan momentum untuk terus memperkuat hubungan antara Polri dan semua pihak kementerian, lembaga, badan dan stakeholders lainnya," ucapnya.
Baca Selengkapnya

Audit Pengawasan Ops Mantap Praja Intan 2024 di Polres Tanah Laut

Posted by subbaghumas-restala at Senin, 09 September 2024

Tanah Laut - Pada hari ini, Selasa, 09 September 2024, pukul 09.30 WITA hingga selesai, telah dilaksanakan Audit Dengan Tujuan Tertentu dalam rangka Pengawasan Operasi Mantap Praja Intan 2024 di Polres Tanah Laut. Kegiatan ini dipimpin oleh Irbid I, AKBP Rofiqoh Yunianto, S.I.K., yang bertindak sebagai Ketua Tim Audit beserta rombongan.

Kegiatan audit ini dilaksanakan di Joglo Wicaksana Laghawa, Polres Tanah Laut, dengan dihadiri oleh Wakapolres Tanah Laut, Kompol Andri Hutagalung, S.Ab., M.A.P., serta para pejabat Operasi Mantap Praja Intan dari Polres Tanah Laut, Polres Tanah Bumbu, dan Polres Kotabaru.

Audit ini bertujuan untuk memastikan kelancaran dan kesesuaian pelaksanaan Operasi Mantap Praja Intan 2024 di wilayah hukum Polres Tanah Laut dan sekitarnya. Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengawasan terhadap operasi yang sedang berlangsung, serta memperkuat koordinasi antar satuan wilayah yang terlibat.

Kegiatan audit ini berjalan dengan lancar dan diharapkan memberikan dampak positif bagi pelaksanaan Operasi Mantap Praja Intan 2024, khususnya dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Tanah Laut dan sekitarnya.

Baca Selengkapnya

Proaktif Deklarasi Tiga Pilar di Bantaeng, Polri Optimistis Pilkada Berlangsung Damai

Posted by subbaghumas-restala at

Jakarta - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) optimistis deklarasi damai oleh tiga pilar di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, akan mewujudkan Pilkada 2024 berjalan aman dan damai.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko mengapresiasi langkah Kapolres Bantaeng AKBP Nur Peaseryantoro Wira Utomo yang proaktif melakukan kegiatan cooling system. Menurutnya, deklarasi Pilkada damai diinisiasi oleh Polres Bantaeng dapat mengeliminir isu-isu hoax, provokatif dan politik identitas yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

"Untuk mewujudkan Pilkada Damai perlu sinergi antara Polri, TNI, pemerintah daerah dan masyarakat. Kegiatan cooling dengan deklarasi tiga pilar ini wujud keseriusan untuk menciptakan pilkada yang berjalan lancar, aman dan damai," kata Trunoyudo dalam keterangannya, Senin (9/9/2024).

Menurutnya, upaya-upaya preemtif dan preventif yang bisa dilakukan lainnya yakni bersilaturahmi dengan seluruh tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan lainnya. "Para Kasatwil yakni Kapolres dan para Kapolsek turun ke lapangan temui tokoh-tokoh di daerahnya, bangun narasi besar yakni jaga persatuan dan kesatuan bangsa di atas kepentingan kelompok dan golongan tertentu," pungkasnya.

Selain itu kata Trunoyudo hal yang perlu dilakukan dengan kolaborasi tiga pilar ini yakni untuk mendeteksi dini potensi-potensi konflik. Peran Bhabinkamtibmas dan Babinsa sambung Trunoyudo sangat untuk memitigasi segala konflik sosial yang ada. Menurutnya, seluruh elemen masyarakat harus menjaga kondusifitas selama pelaksanaan dan selesainya pilkada serentak 2024. "Semoga upaya-upaya yang dilakukan oleh Polri, TNI bersama Forkopimda Kabupaten Bantaeng melalui deklarasi tiga pilar bisa menciptakan pilkada yang aman dan damai," pungkasnya.

Baca Selengkapnya

Dampingi Pembukaan MTQN, Kapolri: Nilai Dalam Al-Qur’an Memperkuat Persatuan

Posted by subbaghumas-restala at

Samarinda. Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Musabaqah Tilawatil Qur'an Nasional (MTQN) ke XXX Tahun 2024. Acara tersebut diselenggarakan sejak 6-16 September 2024 di GOR Kadrie Oening, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

“Saya bersama dengan Panglima TNI menghadiri Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur'an Nasional (MTQN) ke XXX Tahun 2024 yang secara resmi dibuka oleh Bapak Presiden RI di GOR Kadrie Oening, Kota Samarinda, Provinsi Kaltim,” jelas Jenderal Sigit dalam akun Instagram resminya, Senin (9/9/2024).

MTQN Tahun ini diselenggarakan dengan mengusung tema Mewujudkan Masyarakat Cinta Al-Qur'an untuk Bangsa yang Bermartabat di Bumi Nusantara. Terdapat 8 cabang perlombaan yang dikuti oleh 1.998 peserta dari 35 provinsi di Indonesia.

“Semoga nilai-nilai mulia yang terkandung dalam Al-Qur'an senantiasa menjadi pegangan moral untuk menyempurnakan akhlak dan memperkuat persatuan kesatuan demi kemajuan bangsa,” ungkap Kapolri.

Dalam acara tersebut, Presiden sendiri dalam sambutannya menyinggung pentingnya masyarakat bisa membedakan berita yang benar dan berita bohong (hoaks). 

Presiden Jokowi mengatakan, saat ini banyak masyarakat yang bisa menjadi wartawan dan menyebarkan informasi. Bahkan, informasi yang disebarkan itu tanpa melalui proses verifikasi dan pengecekan seperti pada kerja jurnalisme.

"Oleh karena itu setiap pembaca berita media sosial harus mampu menjadi redaksi bagi dirinya sendiri, harus mampu menyaring berita mana yang baik berita mana yang tidak baik. Harus cek dan recheck mana yang benar mana yang hoax atau berita bohong," ujar Presiden.

Baca Selengkapnya

Polri Kerahkan Ribuan Personel Amankan PON XXI 2024 di Aceh dan Sumut

Posted by subbaghumas-restala at Minggu, 08 September 2024

Ribuan personel gabungan dikerahkan dalam pengamanan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024 yang digelar di Aceh dan Sumatera Utara (Sumut). Pelaksanaan beberapa pertandingan PON ada yang sudah dilakukan sejak akhir Agustus dan secara resmi dibuka pada Senin besok, 9 September 2024 yang rencananya dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Sandi Nugroho mengatakan, pengamanan PON XXI 2024 di wilayah Aceh dan Sumatera Utara merupakan Operasi Kepolisian Kewilayahan. Untuk Polda Aceh menggelar Operasi bernama 'Po Meurah Seulawah 2024' dan Polda Sumut menggelar Operasi bernama 'Hatra Toba 2024'.

"Untuk pengamanan dari Polda Aceh jumlah personel yang dikerahkan sebanyak 4.579, personel TNI sebanyak 4.190, dari Pemprov yaitu Satpol PP ada 1.154 personel dan 162 personel dari Basarnas. Jadi total sebanyak 10.085 personel gabungan mengamankan penyelenggaraan PON XXI di Aceh," kata Sandi dalam keterangan tertulisnya, Minggu (8/9/2024).

Sementara untuk pengamanan di Sumatera Utara, Sandi menjelaskan ada 4.970 personel gabungan yang dikerahkan. Terdiri dari 1.940 personel Satgas Opsda, 1.819 personel Satgas Opsres, BKO Mabes Polri sebanyak 182 personel, TNI sebanyak 428 personel dan Pemda dan instansi terkait sebanyak 601 personel.

Sementara untuk pengamanan VVIP sebanyak 5.093 personel gabungan yang terdiri dari 3.702 dari TNI, 1.071 dari Polri dan Pemda serta instansi terkait sebanyak 320 personel.

"Operasi yang dilakukan mengedepankan tindakan preemtif dan preventif didukung kegiatan intelijen dan penegakan hukum guna menjamin terselenggaranya PON XXI 2024 di Aceh dan Sumatera Utara berjalan aman, tertib dan lancar," katanya.

Pengamanan dilakukan di beberapa titik mulai dari kedatangan kontingen, akomodasi, venue, rute hingga peralatan. Lalu ada juga pengamanan saat kegiatan pembukaan dan penutupan PON XXI 2024 serta pengamanan dan pengawalan VIP dan VVIP.

Dalam kesempatan ini, Sandi pun mengajak partisipasi masyarakat khususnya Aceh dan Sumatera Utara menyukseskan PON XXI 2024 yang diharapkan mencetak atlet-atlet berbakat guna menuju Indonesia Emas 2045.

"Penyelenggaraan PON XXI 2024 menjadi ajang mencetak atlet-atlet berprestasi yang diharapkan bisa berkancah di dunia internasional dan mewujudkan Indonesia Emas 2045," katanya.

Baca Selengkapnya

Patroli Presisi Sat Samapta Polres Tanah Laut Giatkan Harkamtibmas dan Sosialisasi Dialogis

Posted by subbaghumas-restala at

Tanah Laut - Satuan Samapta (Sat Samapta) Polres Tanah Laut melaksanakan kegiatan Patroli Presisi dalam rangka menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas). Patroli ini mencakup sosialisasi dialogis dan sambang, dengan fokus pada pengamanan objek vital, perkantoran, tempat ibadah, tempat wisata, dan area keramaian lainnya.

Kegiatan patroli ini dilakukan untuk memastikan keamanan di wilayah Kabupaten Tanah Laut tetap terjaga, serta untuk mendekatkan polisi dengan masyarakat. Melalui sosialisasi dialogis, anggota Sat Samapta memberikan informasi dan himbauan kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga keamanan lingkungan masing-masing.

Dalam patroli ini, petugas menyambangi berbagai lokasi yang menjadi sasaran pengamanan, seperti kantor pemerintahan, tempat ibadah, serta objek wisata yang ramai dikunjungi warga. 

Selain itu, petugas juga berinteraksi langsung dengan masyarakat, mendengarkan aspirasi mereka, dan memberikan arahan agar selalu waspada terhadap potensi gangguan keamanan.

Kegiatan Patroli Presisi ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan Polres Tanah Laut untuk menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif bagi seluruh masyarakat. Polres Tanah Laut mengajak masyarakat untuk terus berpartisipasi aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan sekitar.

Baca Selengkapnya

Sat Lantas Polres Tanah Laut Gelar Kegiatan "Police Goes to School" di SMPN 8 Pelaihari

Posted by subbaghumas-restala at

Tanah Laut - Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Tanah Laut melaksanakan kegiatan "Police Goes to School" di SMP Negeri 8 Pelaihari, yang terletak di Desa Bumi Jaya, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut. 

Kegiatan ini berlangsung pada Senin pagi, Senin (9/9) dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa/siswi terhadap pentingnya keselamatan berlalu lintas.

Dalam acara tersebut, Kaurbin Ops (KBO) Sat Lantas Ipda Abdul Goni bertindak sebagai pembina upacara bendera. Upacara yang diadakan di lapangan SMPN 8 Pelaihari ini diikuti dengan khidmat oleh seluruh siswa, guru, dan staf sekolah.

Setelah upacara selesai, Ipda Abdul Goni membagikan buku keselamatan kepada para siswa dan siswi. Buku tersebut berisi informasi penting mengenai peraturan lalu lintas dan tips keselamatan di jalan. Selain itu, beliau juga memberikan himbauan kepada para siswa agar selalu mematuhi peraturan lalu lintas demi keselamatan bersama.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Sat Lantas Polres Tanah Laut untuk menanamkan disiplin berlalu lintas sejak dini kepada generasi muda, sehingga diharapkan dapat mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di masa mendatang.

Baca Selengkapnya

Polres Tanah Laut Gelar Kegiatan Jum’at Curhat Bersama Kapolda Kalsel di Desa Bumi Jaya

Posted by subbaghumas-restala at Kamis, 05 September 2024

Tanah Laut – Polres Tanah Laut mengadakan kegiatan Jum’at Curhat bersama Kapolda Kalimantan Selatan, yang diwakili oleh Dir Binmas Polda Kalsel Kombes Pol Sri Damar Alam, S.I.K., S.H., bertempat di Pendopo Kantor Desa Bumi Jaya, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, pada hari Jum’at (6/9).

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakapolres Tanah Laut Kompol Andri Hutagalung, S.Ab., M.A.P., serta Para Pejabat Utama Polres Tanah Laut, Kapolsek Pelaihari, Forkopimcam Pelaihari, Kepala Desa Bumi Jaya, perangkat desa, serta tokoh masyarakat dan agama setempat. Selain itu, warga penerima bantuan sosial juga turut hadir dalam acara tersebut.

Pada kesempatan ini, Dir Binmas Polda Kalsel Kombes Pol Sri Damar Alam, S.I.K., S.H., atas nama Kapolda Kalsel, menyerahkan paket bantuan sosial kepada para lansia sebagai bentuk perhatian dan kepedulian kepada masyarakat yang membutuhkan.

Kegiatan Jum’at Curhat ini bertujuan untuk mempererat hubungan antara kepolisian dengan masyarakat serta mendengarkan langsung aspirasi dan keluhan warga. Kombes Pol Sri Damar Alam juga mengapresiasi peran aktif masyarakat Desa Bumi Jaya dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan mereka.


Baca Selengkapnya

Sosialisasi dan Penyuluhan Hukum dari Bidkum Polda Kalsel di Polres Tanah Laut

Posted by subbaghumas-restala at Rabu, 04 September 2024

Tanah Laut - Bidang Hukum (Bidkum) Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) mengadakan kegiatan sosialisasi dan penyuluhan hukum kepada anggota Polres Tanah Laut (Tala) pada Rabu (4/9) di Aula Satya Bharata Polres Tala. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh AKBP Dr. Saharududdin, S.E., S.H., M.M., yang juga merupakan Ketua Tim Sosluhkum Polda Kalsel.

Acara ini turut dihadiri oleh Wakapolres Tala, Kompol Andre Hutagalung, S.A.B., M.M., serta perwakilan dari berbagai bagian, satuan, seksi, dan Polsek jajaran Polres Tanah Laut.

Materi sosialisasi yang dipaparkan mencakup tiga Peraturan Mahkamah Agung (Perma) terbaru, yaitu Perma No. 6 Tahun 2022 tentang Administrasi Pengajuan Hukum Kasasi dan Peninjauan Kembali di Mahkamah Agung, Perma No. 7 Tahun 2022 tentang Administrasi Perkara dan Persidangan di Pengadilan secara Elektronik serta Perma No. 8 Tahun 2022 tentang Administrasi dan Persidangan Perkara Pidana di Pengadilan secara Elektronik.

Dalam kegiatan tersebut, AKBP Dr. Saharududdin menekankan pentingnya pemahaman dan penerapan aturan-aturan ini oleh seluruh personel Polri, terutama dalam meningkatkan efisiensi dan transparansi proses hukum di era digital. 

"Dengan pemahaman yang baik terhadap Perma ini, kita dapat menjalankan tugas dengan lebih profesional dan akuntabel, sesuai dengan perkembangan hukum yang ada," ujar AKBP Saharududdin.

Wakapolres Tala, Kompol Andre Hutagalung, dalam sambutannya juga menyampaikan apresiasi atas penyuluhan hukum ini, serta berharap agar seluruh peserta dapat mengimplementasikan pengetahuan yang diperoleh dalam tugas sehari-hari.

Kegiatan sosialisasi dan penyuluhan ini berjalan dengan tertib dan lancar, diakhiri dengan sesi tanya jawab dan diskusi terkait penerapan aturan-aturan tersebut di lapangan.

Baca Selengkapnya

Polres Tanah Laut Gelar Pelatihan Tata Cara Membawa Senjata Api

Posted by subbaghumas-restala at

Tanah Laut - Polres Tanah Laut, Polda Kalimantan Selatan (Kalsel), menggelar kegiatan pelatihan tata cara membawa senjata api (senpi) dalam situasi siaga dan situasi formal. Kegiatan ini berlangsung pada Kamis (5/9) pagi di lapangan apel Mapolres Tanah Laut.

Pelatihan ini dipimpin oleh dua instruktur berpengalaman, yakni Iptu Haryadi dan Aiptu Jarot Yuda Santoso, yang memberikan materi mengenai tata cara membawa senjata api laras panjang dan pendek. 

Materi yang disampaikan mencakup prosedur pengamanan dan penggunaan senjata api dalam berbagai situasi, baik saat bertugas dalam keadaan siaga maupun dalam kegiatan formal.

Kegiatan ini diikuti oleh para pejabat utama serta seluruh personil Polres Tanah Laut. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kesiapsiagaan personil dalam menghadapi berbagai situasi yang memerlukan penggunaan senjata api, serta memastikan prosedur yang aman dan sesuai dengan protokol yang berlaku.

Kapolres Tanah Laut AKBP Muhammad Junaeddy Johnny, S.I.K., menegaskan pentingnya pelatihan ini sebagai bagian dari upaya peningkatan profesionalisme anggota kepolisian dalam menjalankan tugas di lapangan. 

"Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan seluruh personil dapat lebih memahami dan menguasai tata cara membawa dan menggunakan senjata api sesuai dengan standar operasional prosedur yang berlaku," ucap Kapolres.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan tertib, diakhiri dengan evaluasi serta diskusi singkat mengenai materi yang telah disampaikan.

Baca Selengkapnya

Kuasai 1 Paket Sabu Warga Desa Batakan di Amanakn Satresnarkoba Polres Tanah Laut

Posted by subbaghumas-restala at

TANAH LAUT - Satresnarkoba Polres Tanah Laut berhasil menangkap seorang laki-laki bernama S atas dugaan tindak pidana narkotika. Tersangka ditangkap karena diduga memiliki, menguasai, dan mengedarkan narkotika jenis sabu. Rabu (05/09)

Penangkapan ini berawal dari informasi yang diterima pihak kepolisian dari masyarakat sekitar, yang melaporkan bahwa Tersangka S memiliki narkotika jenis sabu. Berdasarkan informasi tersebut, anggota Satresnarkoba Polres Tanah Laut segera melakukan penyelidikan di lokasi yang dicurigai.

Setelah penyelidikan intensif, pihak kepolisian berhasil mengamankan Tersangka S di sebuah rumah yang beralamat di Desa Batakan, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanah Laut. Penggeledahan yang dilakukan di tempat tersebut, yang disaksikan oleh warga setempat, berhasil menemukan satu paket sabu beserta barang bukti lainnya.

Kapolres Tanah Laut AKBP M. Junaeddy Johnny, S.I.K., M.H. mengungkapkan "Setelah penangkapan, tersangka dan barang bukti dibawa ke Polres Tanah Laut untuk menjalani proses hukum lebih lanjut. Tersangka dijerat dengan Pasal 114 Ayat (1) Sub Pasal 112 Ayat (1) Undang-Undang R.I Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika, yang mengatur tentang kepemilikan dan peredaran narkotika". 

"Pihak kepolisian menegaskan komitmen mereka dalam memberantas peredaran narkotika di wilayah Tanah Laut dan akan terus melakukan operasi serupa untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat" Tutur Kapolres.

Baca Selengkapnya

Ditlantas PMJ Lakukan Penyisiran Ranjau Paku, Amankan Perjalanan Pemimpin Gereja Katolik Dunia

Posted by subbaghumas-restala at Selasa, 03 September 2024

Jakarta - Tim Saber Subditkamsel Ditlantas Polda Metro Jaya beserta puluhan personel dari komunitas ranjau paku melakukan penyisiran ranjau di jalur arteri pada rute yang akan dilewati rangkaian perjalanan Pemimpin Gereja Katolik Dunia Paus Fransiskus, Selasa, 3 September 2024.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Latif Usman Mengatakan Penyisiran ranjau paku dimulai dari Offramp Semanggi, B5, bunderan Patung Kuda, IRTI, Hingga depan Akomodasi.

"Hasilnya ditemukan pecahan besi, potongan paku dan serbuk-serbuk besi yang dapat membahayakan para pengendara" Ungkap Latif Saat Memberikan Keterangannya pada Selasa, (03/04/24).

Lanjut, Selain penyisiran ranjau paku, Polda Metro Jaya juga telah menyiapkan 4.730 personel gabungan untuk mengawal dan mengamankan seluruh rangkaian kegiatan selama kunjungan Paus Fransiskus.

"Keselamatan Paus Fransiskus dan para pengikutnya adalah prioritas utama, dan langkah-langkah keamanan ini merupakan komitmen Polda Metro Jaya untuk menyediakan lingkungan yang aman bagi semua yang terlibat dalam kegiatan tersebut"

Latif berharap langkah-langkah ini sebagi upaya untuk memastikan keamanan Paus Fransiskus tetapi juga akan membantu dalam mengurangi gangguan lalu lintas dan memastikan kelancaran acara bagi semua yang hadir.

"ini merupakan bagian dari upaya Polda Metro Jaya yang terpadu, mengedepankan kegiatan pengamanan secara preemtif, preventif, dan penegakan hukum"

Ia juga menghimbau masyarakat untuk menghindari kawasan tersebut selama kegiatan berlangsung dan mencari jalur alternatif jika perlu, serta selalu menjaga keamanan dan ket

Baca Selengkapnya

Kapolres Tanah Laut Pimpin Acara Wisuda Purna Bhakti

Posted by subbaghumas-restala at Minggu, 01 September 2024

Tanah Laut, Kalimantan Selatan – Polres Tanah Laut, Polda Kalimantan Selatan, menggelar acara Wisuda Purna Bakti untuk Pegawai Negeri pada Polri periode Januari hingga September 2024 pada Senin (02/09). Acara yang penuh khidmat ini berlangsung di Joglo Wicaksana Leghawa dan halaman Mapolres Tanah Laut, dipimpin langsung oleh Kapolres Tanah Laut, AKBP M. Junaeddy Johnny, S.I.K., M.H.

Dalam sambutannya, Kapolres AKBP M. Junaeddy Johnny menekankan pentingnya memahami siklus kehidupan seorang anggota Polri. "Siklus kehidupan anggota Polri tidak lepas dari pendidikan, tugas, mutasi, kenaikan pangkat, pindah jabatan, dan lain-lain. Siklus tersebut akan terus berputar hingga berhenti pada titik tertentu, yaitu pemutakhiran pengabdian kepada negara yang dikenal sebagai purna bhakti atau pensiun. Sebagai anggota maupun PNS Polri, kita semua akan sampai pada titik tersebut," ujar Kapolres.

Pada kesempatan ini, tujuh orang wisudawan yang telah menyelesaikan masa tugas mereka di Polres Tanah Laut, yaitu AKBP Suparno, KOMPOL Hj. Nursamdinah, AKP Harsono, AKP Nor Edi Mujiono, IPTU Bagus Pitoyo, AIPTU Akhmat Yamri, dan AIPTU Dedi Supardi, menerima penghormatan. Kapolres menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dedikasi dan jasa mereka selama bertugas.

"Saya secara pribadi dan sebagai Kapolres Tanah Laut mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas segala jasa dan karya yang telah diberikan oleh para purna bakti. Kami berharap agar silaturahmi yang telah terjalin dengan baik dapat terus terjaga, dan kami juga berharap agar para purna bakti terus memberikan sumbangsih pemikiran, baik berupa saran maupun masukan kepada kami dalam membangun Polres Tanah Laut menuju arah yang lebih baik dan mewujudkan Polri yang semakin presisi," tambah Kapolres.

Acara ini juga dihadiri oleh Wakapolres Tanah Laut, Ketua Bhayangkari Cabang Tanah Laut, Pejabat Utama Polres Tanah Laut, Para Kapolsek Jajaran Polres Tanah Laut, Para Pengurus Cabang Bhayangkari Tanah Laut, serta Perwira, Bintara, dan ASN Polres Tanah Laut sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi atas dedikasi para pegawai negeri yang telah memasuki masa pensiun.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan Upacara Purna Bhakti Personel Polres Tanah Laut, tradisi Pedang Pora, dan pelepasan para wisudawan, yang menjadi penutup rangkaian acara penuh khidmat ini.

Baca Selengkapnya