Hotline: 0517-21086, email: subbaghumas_restala@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

PICTURE SLIDESHOW











Video

KAPOLRES TALA

KAPOLRES HIMBAU PT. KJW DAN WARGA TETAP JAGA KEAMANAN

Posted by Humas Polres Tala at Selasa, 10 Maret 2015



Pelaihari, 10/03/2015


Polres Tanah Laut adakan mediasi damai antara pihak PT. KJW dengan warga masyarakat Ds. Muara Asam-Asam Kec. Jorong sebagai upaya selesaikan konflik sengketa lahan yang terjadi. Mediasi dilaksanakan pada hari Jumat, 06/03/2015 di ruang Rupatama Polres Tanah Laut diwaktu yang berbeda, pada siang harinya sebelum sholat Jumat jam 11.30 Wita s/d 12.30 Wita Kapolres Tanah Laut AKBP Edy Suwandono, S.IK didampingi Wakapolres KOMPOL Yustinus Setyo I., S.IK, SH. dan beberapa pejabat Polres Tanah Laut menerima kedatangan perwakilan pihak PT. KJW yakni Sdr. Sulistyo Hadi, M. Iksan dan Ihwan Wahyudi. 


Dalam pertemuan tersebut Kapolres Tanah Laut Kapolres Tanah Laut AKBP Edy Suwandono, S.IK menyampaikan saran dan himbauan kepada pihak PT. KJW diantaranya mempersilahkan pihak PT. KJW melakukan panen sawit di lokasi yang disengketakan dikarenakan lahan yang disengketakan termasuk dalam HGU PT. KJW, akan tetapi pihak PT. KJW terlebih dahulu harus memperhatikan kondisi dan situasi di lapangan, agar PT. KJW mengutamakan jalan damai seperti pemberian tali asih atau ganti rugi kepada masyarakat Muara Asam – Asam yang tercatat dalam kepemilikan lahan tersebut dan mempersilahkan pihak PT. KJW untuk menempuh jalur hukum terkait permasalahan sengketa lahan tersebut.


Sedangkan pada sore harinya jam 16.00 Wita s/d 16.30 Wita di tempat yang sama Polres Tanah Laut menerima kedatangan perwakilan warga masyarakat Ds. Muara Asam-Asam Kec. Jorong, dalam kesempatannya Kapolres Tanah Laut Kapolres Tanah Laut AKBP Edy Suwandono, S.IK memberikan himbauan kepada perwakilan warga masyarakat Ds. Muara Asam-Asam Kec. Jorong diantaranya agar perwakilan masyarakat yang turut hadir bisa menyampaikan kepada masyarakat lainnya untuk tidak melakukan tindakan anarkis baik pengrusakan maupun penganiayaan terhadap pihak PT. KJW maupun karyawannya karena Polres Tanah Laut akan membantu masyarakat untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dan dalam waktu dekat akan melakukan pertemuan dengan pihak Pemda dan DPRD Tala, masyarakat agar mempersilahkan pihak PT. KJW melakukan panen di lokasi tersebut, dan pihak Polres Tala akan meminta pihak PT. KJW segera mungkin menyelesaikan masalah, kepada Kepala Desa agar mendatakan siapa saja warga masyarakatnya yang memiliki hak kepemilikan di lahan 182 Ha tersebut dengan mencantumkan bukti – bukti surat kepemilikan sehubungan apabila ada ganti rugi dari pihak PT. KJW tidak ada lagi masyarakat yang mengaku memiliki lahan di lokasi tersebut dikemudian hari dan terkait adanya laporan pihak PT. KJW terhadap masyarakat Ds. Muara Asam – Asam yang melakukan pencurian buah sawit di lahan PT. KJW, Kapolres Tanah Laut Kapolres Tanah Laut AKBP Edy Suwandono, S.IK telah memerintahkan pihak Polsek Kintap untuk segera mungkin melakukan penyelidikan dan penyidikan untuk memastikan kebenaran apakah tanaman dan lahan tersebut milik PT. KJW atau milik masyarakat dan apabila milik PT. KJW himbauan Kapolres Tanah Laut agar masyarakat mengembalikan hasil curian tersebut yaitu berupa 1 kwintal buah sawit.

0 komentar:

Posting Komentar